Tujuan dan Manfaat Promosi Serta Segmentasi pasar

 

a. Tujuan Promosi

Dalam melakukan promosi, para pemilik produk atau jasa biasanya melakukan promosi dengan sebuah tujuan tertentu. Adapun beberapa tujuan promosi yang perlu kamu ketahui sebelum benar-benar melakukan promosi, diantaranya yaitu:

1. Tujuan promosi yang pertama adalah mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa. Setelah melihat promosi dari sebuah produk, harapannya adalah pelanggan yang semula tidak tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa menjadi tertarik dan ingin membeli produk atau menggunakan jasa.

2. Tujuan promosi yang kedua adalah membentuk citra atau kesan produk atau jasa di benak pelanggan sesuai dengan yang diharapkan oleh pelaku usaha atau pemiliki brand tersebut. Tujuan promosi ini sering dikenal dengan istilah branding. Demi melakukan branding atau mengenalkan brand kepada pelanggan, penjual harus menggunakan promosi yang menarik dan beda dari yang lain agar dapat memberi kesan kepada calon pelanggan.

3. Tujuan promosi yang ketiga adalah bersaing dengan kompetitor. Persaingan dengan kompetitor merupakan tujuan promosi yang paling sering digunakan oleh berbagai macam usaha. Promosi sangat mampu digunakan untuk menjaga angka pemasukan tetap stabil, walaupun memiliki banyak pesaing Tujuan promosi yang keempat adalah meningkatkan keuntungan. 

4  Tujuan promosi yang paling utama adalah mendapatkan keuntungan maksimal atau meningkatkan keuntungan. Apabila pelaku usaha ingin mendapatkan peningkatan keuntungan. Tujuan promosi sebelumnya harus sudah tercapai, dari mengubah sudut pandang, membentuk citra sebuah usaha atau branding hingga mempertahankan pemasukan agar tetap stabil. Keberhasilan dari proses promosi tersebut secara signifikan akan membuat keuntungan menjadi meningkat. Hal itu membuktikan bahwa sebuah usaha tersebut telah mampu bersaing dengan kompetitor.

5. Tujuan promosi yang kelima adalah mendapatkan calon pelanggan baru. Tujuan promosi sesungguhnya tidak hanya mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan lama terhadap produk atau jasa. Namun, tujuan promosi juga adalah untuk memperoleh pelanggan baru. Dengan begitu, tujuan promosi dapat terwujud dengan menjaga pelanggan untuk tetap percaya dengan produk atau jasa, tetapi juga mendapatkan pelanggan baru.dari sebuah bisnis.

6.Tujuan promosi yang keenam adalah menyebarkan informasi. Langkah untuk menyebarkan informasi merupakan tujuan dasar dari promosi sebuah produk atau jasa. Promosi juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa. Informasi yang bisa dibagian seperti penawaran dengan harga atau bonus yang menarik.


6.Tujuan promosi yang keenam adalah menyebarkan informasi. Langkah untuk menyebarkan informasi merupakan tujuan dasar dari promosi sebuah produk atau jasa. Promosi juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa. Informasi yang bisa dibagian seperti penawaran dengan harga atau bonus yang menarik.

b. Fungsi Promosi

Promosi adalah termasuk sebagai salah satu langkah dalam membangun bisnis. Agar dapat melakukan optimalisasi program promosi yang sedang dijalankan maupun yang akan segera dijalankan, pelaku bisnis wajib memahami terlebih dahulu fungsi dari promosi. Ada beberapa fungsi promosi yang akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Berikut ini adalah lima fungsi promosi yang perlu diketahui sebagai pelaku usaha, diantaranya yaitu:

1. Mengenalkan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam melakukan promosi atau pemasaran, pelaku bisnis perlu melakukan pertimbangan dan perencanaan yang matang agar tepat dalam melakukan promosi yang akan dijalankan. Mengetahui fungsi promosi yang sesuai kebutuhan bisnis akan sangat mempengaruhi berhasil dan tidaknya program promosi. Oleh karena itu, dalam upaya mencapai tujuan promosi yang sudah ditetapkan, pelaku bisnis harus menetapkan program yang sesuai atau berdasarkan fungsi promosi yang ingin diterapkan dalam promosi.

2. Mengajak calon pelanggan yang potensial.

3.   Menjaga citra dan kesan bisnis yang dibangun agar tetap relevan.


C. Jenis-Jenis Promosi

Setelah memahami tujuan dan fungsi dari melakukan promosi produk atau jasa. Selanjutnya, mari kita bahas terkait jenis-jenis promosi. Jenis dan cara orang melakukan promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Karakteristik dari produk atau jasa dapat menentukan cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa kita lihat sehari-hari, diantaranya yaitu:

1. Promosi secara fisik

Promosi secara fisik biasanya digunakan di lingkungan fisik. Lingkungan fisik yaitu pada acara-acara tertentu atau event-event yang umumnya diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan lain sebagaianya. Penjual atau pelaku usaha biasanya mendirikan “stand” atau “booth” atau semacam tenda-tenda kecil yang digunakan untuk menampilkan dan memasarkan produk atau jasanya.

Promosi secara fisik memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri. Promosi jenis ini dapat menjumpai calon pembeli secara langsung agar membeli produk yang ditampilkan atau juga menggunakan jasa yang disediakan. Dengan cara promosi ini, pembeli bisa juga langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, sekaligus dapat secara langsung bertanya tentang produk atau jasa tersebut. Sementara, dari pihak penjual atau pelaku usaha bisa secara langsung memanfaatkan situasi dan kondisi untuk merayu dan membujuk calon pembeli agar membeli produk atau menggunakan jasa yang disediakan. Keunikan dari promosi jenis ini adalah pembeli dan penjual bisa secara langsung bertemu, sehingga promosi jenis sangat banyak digunakan hingga sekarang.

Namun, promosi secara fisik atau langsung ini juga memiliki beberapa kekurangan. Promosi jenis ini memiliki keterbatasan pada jumlah calon konsumen dikarenakan hanya diadakan di lingkungan atau tempat tertentu seperti kampus, sekolah, perkantoran, dan lain sebagainya.

2. Promosi melalui media tradisional

Promosi melalui media tradisional berarti jenis promosi yang menggunakan media tradisional untuk melakukan promosi. Promosi jenis ini biasanya masih menggunakan media tradisional sebagai media untuk berjumpa dengan calon pelanggan. Media tradisional sendiri ada jenis, yaitu media cetak seperti koran, tabloid, buletin, majalah, dan lain sejenisnya. Sementara, untuk via media elektronik biasanya menggunakan radio dan televisi. Tidak hanya itu, promosi yang sering banyak ditemui di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard termasuk sebagai jenis promosi media tradisional.

Promosi dengan media tradisional memiliki kelebihan dikarenakan media tradisional adalah memiliki jangkauan yang luas dan masih banyak yang suka dan tertarik. Selain itu, dibandingkan dengan promosi secara fisik dengan menggunakan tenda-tenda pada suatu, jangkauan dari promosi dengan media tradisional memang sangat luas karena memanfaatkan media massa.

Tetapi, dibalik kelebihannya, jenis promosi menggunakan media tradisional memiliki kekurangan dikarenakan memerlukan dana yang cukup besar. Dana pada iklan ini biasanya digunakan untuk menyewa jasa radio dan televisi, penyedia papan reklame, dan lain sebagainya.

3. Promosi melalui media digitalPromosi melalui media digital bisa disebut sebagai jenis promosi yang paling banyak digunakan di era digital sekarang. Jenis promosi melalui media digital berarti promosi yang menggunakan media internet dan media sosial atau jejaring sosial sebagai tempat untuk menawarkan produk atau jasa. Promosi ini menjadi cara paling modern untuk melakukan promosi karena memiliki jangkauan yang luas. Pengaruh teknologi sangat memungkinkan untuk orang-orang di dunia maya melalui ponsel atau laptop dapat melihat produk atau jasa yang dipromosikan.

Sekarang, banyak dari para pelaku usaha mulai bermigrasi kepada media digital sebagai strategi promosi. Promosi melalui media digital terbukti sangat efektif untuk menemukan calon pelanggan setiap hari dan sepanjang hari. Tujuan promosi tentu agar pengguna media digital dapat melihat yang lalu membeli produk atau menggunakan jasa. Ada lebih dari 2,7 miliar orang yang menggunakan internet di seluruh dunia, jumlah itu sama dengan sekitar 40% dari populasi dunia, dan 67% dari semua pengguna internet secara global merupakan pengguna media sosial setiap harinya.

Promosi lewat media digital memiliki kelebihan dikarenakan dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien. Tidak hanya itu, di tingkat lebih lanjut, promosi melalui media sosial dapat digunakan sebagai salah satu data untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan usaha atau bisnis.

Sedangkan, kekurangan dari melakukan promosi melalui media digital yaitu banyaknya pesaing atau kompetitor yang ikut menggunakan cara promosi ini. Efektifitas dan efisiensi dalam promosi ini sangat diminati oleh segala jenis kalangan, dari pelaku usaha dari kecil hingga menengah ke atas. Selain itu, bagian pemasaran dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat program promosi sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen dibandingkan para pesaingnya.



Dari tiga jenis promosi yang sudah dijelaskan di atas, promosi menggunakan media digital terbukti menjadi jenis promosi yang paling banyak digunakan di era internet sekarang. Promosi melalui media digital merupakan sebuah solusi untuk promosi menjadi lebih murah, lebih efektif, lebih cepat, dan lebih tidak terbatas.

D. Manfaat Promosi

Setelah memahami berbagai uraian terkait pengertian, tujuan, fungsi, hingga jenis dari promosi. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai manfaat promosi bagi bisnis atau usaha.

Salah satu manfaat promosi yang paling utama adalah untuk meningkatkan pendapatan semaksimal mungkin dengan modal yang seminimal mungkin.
Nah, berikut ini adalah manfaat secara umum dari melakukan promosi, diantaranya adalah:

1. Menjaga Tingkat Retensi dan Loyalitas Konsumen

Dari sekian banyak elemen, tingkat retensi dan loyalitas merupakan salah satu elemen terpenting untuk dapat memastikan bisnis dapat tetap berjalan dan dapat dikembangkan lagi agar lebih maju. Tingkat loyalitas merupakan elemen yang digunakan menjelaskan tentang pilihan konsumen dalam melakukan transaski pada bisnis, bukan bisnis dari kompetitor.

Sementara, tingkat retensi berguna untuk menjelaskan keinginan konsumen untuk bertahan dan kembali lagi melakukan transaksi pada sebuah bisnis. Manfaat promosi dapat digunakan sebagai jalan untuk memastikan pelanggan merasa puas dan diperhatikan oleh sebuah bisnis. Dampaknya adalah dalam jangka panjang, konsumen akan setia kepada sebuah brand bisnis.

2. Membangun Media Komunikasi Antara Bisnis Dengan Konsumen

Berkomunikasi dengan konsumen secara satu per satu untuk mendeskripsikan setiap produk atau jasa yang ditawarkan merupakan aktivitas yang cukup berat. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang cara komunikasi tersebut akan sangat membebani sumber daya manusia dari sebuah bisnis. Promosi menjadi solusi dalam mengefektifkan pekerjaan manusia.

Dengan menentukan program promosi secara tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pelaku bisnis dapat membangun media berkomunikasi atau media sosial untul lebih mendekatkan bisnis kepada konsumen.

Program promosi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sebaik-baiknya untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin dipasarkan, membentuk karakteristik bisnis untuk diketahui oleh konsumen secara massal, serta menyampaikan berbagai informasi terkait inovasi bisnis kepada pelanggan dengan biaya yang relatif jauh lebih murah. Berkomunikasi menggunakan media sosial sangat berpengaruh terhadap bisnis untuk lebih mempermudah dalam memperbesar margin keuntungan.

3. Mendatangkan Konsumen Baru Melalui Konsumen Lama

Manfaat promosi yang sangat memberikan pengaruh yaitu kemampuannya dalam mendatangkan para konsumen baru untuk menggunakan produk atau jasa sebuah bisnis. Program promosi yang telah dirancang dengan matang dan diimplementasikan secara tepat lalu mendapat timbal balik yang positif dari konsumen akan menghasil kekuatan ajaib yaitu kekuatan words of mouth. Words of mouth dapat menjadi cara yang ampuh dalam promosi sebuah bisnis.

 

Cara Menentukan Segmentasi Pasar untuk Keberhasilan Bisnis


Bisnis yang berhasil artinya mampu membidik target pasar dengan optimal. Sehingga, pebisnis dapat dianalogikan sebagai seorang atlet panahan.

Yang mana atlet panahan telah mengetahui besar kecilnya tenaga untuk bisa membidik target yang diinginkan. Maka dari itu, dalam bisnis perlu adanya segmentasi pasar yang sesuai dengan target.

Seorang pebisnis harus mengenal dengan pasti apa segmentasi pasar yang disasar untuk produknya. Sebab, tidak semua produk dapat digunakan oleh segala macam kalangan.

Sehingga, bisnis akan menjadi tidak fokus serta tidak mencapai target utama. Sumber daya yang telah dimiliki pun akan menjadi sia-sia.

Hal yang paling penting untuk menentukan segmentasi pasar adalah dengan melakukan riset. Sehingga, akan berimbas pada proses pemasaran yang lebih lancar. Dengan begitu, penjualan produk pun dapat meningkat.

Mengenal Segmentasi Pasar

Sebelum mengenal lebih jauh cara menentukan segmentasi pasar secara mendalam, tentu Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai definisinya.

Sehingga, tidak terjadi kerancuan pemahaman terhadap ulasan yang lebih mendalam.

Segmentasi pasar sendiri merupakan kegiatan membagi pasar dalam kelompok pembeli berdasar pada kebutuhan pembeli, karakteristik, dan juga perilaku berbeda yang membutuhkan produk maupun bauran pemasaran yang berbeda.

Pengertian lainnya adalah proses mengidentifikasi serta menganalisis pembeli pada pasar produk. Serta menganalisis perbedaan-perbedaan yang ada pada pembeli di pasar.


Faktor Yang Menentukan Segmentasi Pasar

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seorang pebisnis ingin menentukan segmentasi pasar. Di bawah ini merupakan dasar yang dapat digunakan:

  • Variabel Geografi: Segmentasi pasar dapat dipengaruhi oleh kondisi geografis dari para pembeli. variabel ini meliputi wilayah, ukuran kota, ukuran daerah, serta kepadatan iklim.
  • Variabel Demografi: Kondisi demografi adalah mengenai kependudukan dari suatu wilayah.Variabel demografi meliputi umur, siklus hidup, keluarga, pendidikan, pendapatan, dan sebagainya.
  • Variabel Psikologis: Psikologis atau kejiwaan dari pembeli juga turut memberikan peran terhadap penentuan segementasi konsumen Anda. Beberapa hal yang terkait meliputi kelas sosial, gaya hidup, dan juga kepribadian.


Ciri-Ciri dalam Menentukan Segmentasi Pasar yang Efektif


Untuk menentukan segmentasi pasar, sangat penting dipahami tentang tolak ukur dan efektivitasnya terlebih dahulu.

Ciri dari segmentasi pasar yang efektif meliputi:

  1. Terukur (measurable) yang mana bahwa penentuan segmen harus bisa diukur pada tingkat tertentu. Segala hasil dari analisis data perlu dibuktikan menggunakan data yang terukur secara akurat.
  2. Terjangkau (accessible) yakni segmentasi efektif akan menghilangkan dinding diantara produk dengan konsumen. Secara jelas, produk mudah untuk dijangkau konsumen.
  3. Berpengaruh (substansial) artinya, segmentasi pasar akan memengaruhi bisnis dengan memberi keuntungan serta memiliki pengaruh pada perubahan proses.
  4. Bisa Dibedakan (differentiable) maksudnya, segmentasi pasar yang setiap elemennya bisa dibedakan secara jelas.
  5. Realistis (actionable) dimana segmentasi efektif mampu merealisasikan rencana bisnis yang Anda terapkan.

Tipe untuk Menentukan Segmentasi Pasar


Sebelum mulai memasarkan produk dengan menentukan segmentasi pasar, Anda juga perlu memerhatikan tipe dari segmentasi pasar saat ini. Tipe tersebut meliputi:

1. Segmentasi Lokasi

Tipe ini memang paling banyak digunakan. Sebagai contoh, apabila target utama merupakan negara Indonesia, maka perusahaan akan membangun pabrik dengan lokasi yang ada di Indonesia, sehingga akan lebih dekat dengan konsumen.

2. Segmentasi Waktu

Segmentasi bisnis ini didasarkan pada waktu tertentu saja. Misalkan jasa fotografi yang laku ketika musim wisuda.

3. Segmentasi Harga

Dengan jenis segmentasi harga, Anda akan mudah dalam mempertimbangkan kekuatan ekonomi konsumen.

Apabila segmentasi pasar lebih luas, maka Anda bisa membuat produk dengan harga yang rendah, menengah, dan juga tinggi. Sehingga, segala kalangan mampu secara ekonomi untuk membelinya,

4. Segmentasi Demografi

Usia, jenis kelamin, maupun penghasilan akan memengaruhi segmentasi pasar. Sebab, ada produk yang hanya cocok bagi laki-laki. Ada pula produk yang cocok digunakan orang dewasa saja.

5. Segmentasi Psikografis

Merupakan segmentasi berdasarkan pada perilaku konsumen dalam merespon terhadap stimulasi dan tren produk.

Data ini cukup sulit dikelompokkan sebab mempunyai anomali yang besar. Analisis data juga lebih deskriptif.

6. Segmentasi Sosial-Budaya

Segmentasi tipe ini lebih memerhatikan variabel pola sosial serta budaya dari konsumen. Data yang dapat dianalisis berupa kelas sosial, norma masyarakat, dan sebagainya.


Tahap dalam Menentukan Segmentasi Pasar


Jika Anda telah memahami mengenai pengertian, faktor, dan juga tipe dari segmentasi pasar, maka sila mulai melakukan tahap demi tahapnya yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Menentukan Target Pasar

Untuk menentukan target pasar, tentu saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan. Caranya, dengan memerhatikan tiga hal yang meliputi:

  • Pertama, new consumer yakni menentukan segmentasi berdasar pada bisnis baru sehingga perlu mencari konsumen yang baru pula.
  • Dua, focused consumer yang dilakukan dalam rangka mencari konsumen yang telah ada untuk menunjang bisnis berkelanjutan.
  • Ketiga, supported consumer yang terkait dengan kebutuhan dari supporting product.

Anda dapat merujuk pada faktor dan jenis segmentasi yang sudah dibahas pada ulasan sebelumnya.

2. Mengetahui Masalah serta Kebutuhan Konsumen

Selanjutnya, dalam tahapan menentukan segmentasi pasar. Anda perlu cari tahu segala kebutuhan dari calon konsumen. Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan dengan produk.

Informasi bisa diperoleh dengan bertanya langsung pada calon konsumen atau bisa juga dengan melakukan tes produk.

Apabila masalah konsumen sudah didapatkan, maka klasifikasikan berdasarkan pada kebutuhan, keinginan, dan masalah dari konsumen. Fungsinya, sebagai acuan membuat road map strategi bisnis serta untuk evaluasi produk.

3. Mengetahui Perilaku dari Konsumen

Amati serta analisis perilaku dari konsumen. Perhatikan konsumen dalam memakai produk serta keadaan sebelum dan setelah memakai produk. Selain itu, perhatikan juga pola tren terkait produk tersebut.

4. Mengolah dan Menganalisis Data

Setelah data konsumen telah Anda amati, maka selanjutnya bisa mulai Anda oleh. Di tahap ini, peluang produk dapat diketahui serta dapat dijual pada setiap segmentasi yang sudah dilakukan.

Analisis data memiliki fungsi sebagai acuan untuk menentukan segmentasi pasar lalu Anda dapat menyusun strategi produk dan strategi pemasaran.

5. Menentukan Strategi Pemasaran

Setiap segmen mempunyai strategi pemasaran yang berbeda-beda. Terlebih apabila target pasar juga berbeda. Untuk itu, sesuaikan target dengan strateginya. terapkan jenis strategi pemasaran yang sesuai dengan segmentasi pasar.

Sebagai contoh, apabila Anda merujuk pada segmentasi demografis, maka tools apa yang sesuai dengan kondisi dari konsumen berjenis kelamin perempuan?

6. Evaluasi Respon Pasar

Apabila strategi pasar telah berjalan. Pun, sudah menghasilkan penjualan. Anda perlu mengetahui mengenai respon konsumen tentang kekurangan produk yang dimiliki.

Setelah itu, harap Anda catat segala masukan dari konsumen dan mulai memperbaikinya.


Materi tentang Promosi

1 Suatu kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang ataupun jasa kepada masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk tersebut, disebut…

A. Pemasaran

B. Promosi

C. Strategi

D. Operasi pasar

E. Transaksi

 

2. Promosi sering disebut juga sebagai…

A. Strategi pemasaran

B. Mekanisme pemasaran

C. Menjual produk

D. Pemasaran

E. Strategi produk

 

3. Berikut adalah bagian penting startegi pemasaran, kecuali…

A. Product

B. Place

C. Price

D. Plan

E. Promotion

 

4. Apa yang menjadi tujuan utama promosi…

A. Mengenalkan kegunaan produk.

B. Mengenalkan produk kepada calon pembeli dan membuat pembeli membeli produk.

C. Menjelaskan cara penggunaan produk dan bagaimana membuat produk.

D. Membuat produk menjadi lebih bagus dan dapat digunakan oleh pembeli.

E. Merancang produk.

 

5. Kegiatan dan media promosi bergantung pada…

A. Pasar target promosi.

B. Tempat penjualan produk yang dilakukan.

C. Target pasar untuk promosi.

D. Usia dan penghasilan masyarakat.

E. pasar sasaran yang merupakan target promosi tersebut dan tempat penjualan produk dilakukan.

6. Promosi yang tepat akan diikuti oleh empat bentuk respons dari calon pembeli. Keinginan calon pembeli untuk memiliki produk disebut…

A. Attention

B. Interest

C. Desire

D. Action

E. Creative

 

7. Perhatikan data di bawah ini:

1) Memiliki tujuan mengajak produsen untuk melakukan pembelian produk

2) memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.

3) memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.

4) merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan menurun.

5) bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak.

Dari data di atas, yang termasuk dalam strategi promosi penjualan adalah…

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 5)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 3), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

8. Kegiatan strategi promosi dengan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli disebut…

A. Advertising

B. Direct selling

C. Publication

D. Self promotion

E. Promotion

 

9. Perhatikan data di bawah ini:

1) Instagram

2) Poster

3) Laptop

4) Brosur

5) Lembaran kertas

Dari data di atas, yang termasuk ke dalam media promosi adalah…

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 3), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

10. Promosi melalui karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil disebut...

A. Banner

B. Brosur

C. Internet

D. Poster

E. Merchandise

Enam+

01:37

VIDEO: Kunci Sukses Veddriq Leonardo Raih Medali Emas Olimpiade 2024

4 dari 6 halaman


Contoh Soal Materi tentang Promosi

11. Dina akan memasarkan produk ke berbagai negara oleh karena itu dina perlu mengetahui sasaran pasar, maka sasaran produk kerajinan untuk pasar global adalah…

A. Anak usia dini

B. Tempat produksi

C. Pasar

D. Wisatawan

E. Orang tua

 

12. Salah satu yang menjadi alasan wisatawan memilih untuk membeli cenderamata tanpa melalui online adalah…

A. Sebuah bukti pengalaman ketika traveling ke berbagai negara.

B. Tanda suatu perjalanan.

C. Oleh-oleh khas negara.

D. Tidak percaya media online.

E. Kurangnya promosi kerajinan.

 

13. Promosi merupakan ujung tombak dari pemasaran. Oleh karena itu memilih media promosi harus lebih efektif dan efisien dalam pemasaran, maka yang perlu kita lakukan adalah…

A. Memilih konten yang baik.

B. Melihat sasaran atau target audien yang ingin dituju.

C. Mencari media online yang tepat.

D. Melihat prospek usaha.

E. Memilih produk inovasi.

 

14. Perhatikan data di bawah ini:

1) Menentukan produk untuk dijual

2) Menciptakan konten berkualitas dan sisipkan promosi secara tersirat

3) Menggunakan produk yang sesuai

4) Menciptakan campaign berbeda, tapi saling berhubungan

5) Menggunakan visualisasi sebagai strategi utama

Dari data di atas, manakah yang termasuk ke dalam prosedur pemilihan media promosi…

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

15. Konten berkualitas dalam promosi harus menggunakan kalimat-kalimat yang simpel, tapi tetap menarik target pasar. Konten dapat dikatakan berkualitas apabila…

A. Mampu menarik produsen untuk menjual.

B. Mampu menarik minat target pasar untuk membeli.

C. Mampu menjadikan produk selalu dipajang di toko.

D. Mampu menarik minat masyarakat.

E. Mampu menjadikan produk sebagai gaya hidup.



SOAL EVALUASI ESSAY : 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.        Uraikan manfaat dan tujuan administrasi pemasaran dalam sebuah usaha produk  !

2.        Untuk menentukan segmentasi pasar, sangat penting dipahami tentang tolak ukur dan efektivitasnya terlebih dahulu. Uraikan Ciri dari segmentasi pasar yang efektif !

3.        Apa saja strategi yang bisa kamu jalankan untuk mempromosikan anda !

 4.        Teknik pengolahan makanan panas kering (dry heat cooking) adalah mengolah makanan tanpa bahan dasar cairan (kering) untuk mematangkannya sebutkan yang termasuk dan uraikan teknik pengolahannya !

 5.        Uraikan  4 tujuan dalam promosi ! 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi dan Soal latihan ASAT. Genap Kelas XI

MATERI STRATEGI PROMOSI KELAS XI GENAP

MATERI BEP PKWU