STRATEGI PEMASARAN DAN PESAING

 KONSUMEN, PESAING USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN HASIL

PRODUK KERAJINAN NON BENDA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat:

1. Mengidentifikasi konsumen

2. Mengidentifikasi pesaing usaha

3. Memahami strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari

budaya non benda

B. Uraian Materi

Apersepsi

Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses yang sangat penting yaitu

pemasaran. Tanpa adanya pemasaran, maka konsumen tidak akan tahu tentang produk

yang kita hasilkan. Semakin gencar usaha pemasaran yang kita lakukan,semakin banyak

orang yang akan mengetahui produk kita yang tidak menutup kemungkinan akan

membuat konsumen tertarik dan meningkatkan penjualan produk kita. Proses

pemasaran dalam sebuah usaha akan menentukan berkembang atau tidaknya sebuah

usaha. Kolaborasi antara kualitas produk yang maksimal dan sumberdaya manusia ynag

ahli dalam sebuah pemasaran akan menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah usaha.

Nah apakah kalian ingin menjadi seorang ahli pemasaran ? ayo kita belajar bersama

dalam modul ini

Anak- anak, sebelum kita belajar lebih jauh, alangkah baiknya jika kita memahami

terlebih dahulu beberapa definisi yang terkait dalam modul kali ini, antara lain:

1. Konsumen

Ada beberapa pendapat tentang konsumen,nah kalian simak baik-baik ya

a. Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1

“ Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam

masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain”

b. Az. Nasution (1995) membagi pengertian konsumen dalam dua kategori yaitu :

1. sebagai pengguna atau pemakai barang dan/atau pelayanan jasa dengan

tujuan mendapatkan barang dan/atau pelayanan jasa untuk dijual

kembali,


2. sebagai pemakai barang dan/atau pelayanan jasa untuk memenuhi

kebutuhan diri sendiri, keluarga atau rumah tangganya

Sumber : https://bit.ly/2QSjFmB

2. Pesaing Usaha

Sumber : https://tinyurl.com/yxoy3ej

Nah anak-anak, apakah kalian pernah merasa bersaing dengan teman kalian dalam

mencapai prestasi? Pasti pernah kan? Dalam dunia usaha juga ada persaingan loh, kita

pelajari yuk! Persaingan berasal dari bahasa Inggris yaitu competition yang berarti

persaingan, pertandingan atau kompetisi. Dalam kamus manajemen, persaingan diartikan

sebagai usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang berusaha mendapatkan pesanan

dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan. Pesaing usaha dapat

juga diartikan sebagai kompetisi antar penjual yang saling berusaha untuk mendapatkan

konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. Nah, kalian bisa paham kan

dengan penjelasan diatas?

3. Strategi Pemasaran

Anak-anak, dalam dunia usaha kita juga harus mampu membuat strategi atau cara agar

produk yang kita hasilkan banyak peminatnya sehingga akan mampu meningkatkan hasil

penjualan dan menambah penghasilan kita. Kalian mau tahu apa itu strategi pemasaran?

Mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang

atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah

penjualan menjadi lebih tinggi.

Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang

dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk

menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena

berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun

jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu:

 Produksi

 Pemasaran


 Konsumsi

Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi

dan konsumsi.

Ada beberapa pendapat ahli tentang strategi pemasaran yaitu:

1. Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika

pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh

keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program

perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan

membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan

harga.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran

yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat

strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget

untuk pemasaran.

4. Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang

dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya

saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran

yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

5. Stanton

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua

sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan

harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat

memuaskan konsumen.

( sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html)

Sskema marketing mix (Sumber : https://tinyurl.com/y542e65c)

4. Kerajinan Budaya non bendaModul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5


Budaya non benda adalah hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda (tari, Puisi,

Lagu / Nyanyian, Lambang lambang / Simbol, dll)

Sumber: https://tinyurl.com/y5b9lt23

Tarian, puisi, simbol, musik, nyanyian dan simbol itu dapat menjadi sumber inspirasi

untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Setiap daerah dapat mengembangkan

kerajinan khas daerahnya dengan mengambil inspirasi dari budaya lokal daerahnya

masing-masing.

C. Rangkuman

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam dunia usaha kita harus

memahami beberapa hal agar kita sukses dalam usaha :

1. Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran untuk

meningkatkan penjualan dan penghasilan.

2. Konsumen merupakan pemakai barang dan atau jasa

3. Pesaing usaha merupakan kompetitor antar pejual dan pengusaha

4. Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk

memuaskan konsumen dan memperoleh keuntungan

5. Budaya non budaya adalah hasil karya abstrak bukan benda



D. Latihan Soal

JAWABAN

1. Suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan

pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran,

penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. Pengertian

tersebut menurut …

a. Phillip Kotler

b. Kotler dan amstrong

c. Kurtz

d. Tjiptono

e. Stanton

2. Alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan

mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati

pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani

pasar target tersebut, hal ini merupakan pengertian menurut ...

a. Phillip Kotler

b. Kotler dan amstrong

c. Kurtz

Sumber :Modul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 7

d. Tjiptono

e. Stanton

3. Upaya memasarkan suatu produk kerajinan non benda, dengan menggunakan

pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

a. Strategi promosi

b. Strategi pemasaran

c. pstrategi

d. pemasaran

e. promosi

4. Persaingan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. ,Pengertian persaingan

dalam bahasa inggris adalah …

a. Competition

b. Competitor

c. Compete

d. Collegue

e. Corporate

5. Sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan

untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan

menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

a. Phillip Kotler

b. Kotler dan amstrong

c. KurtzModul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi dan Soal latihan ASAT. Genap Kelas XI

MATERI STRATEGI PROMOSI KELAS XI GENAP

MATERI BEP PKWU