STRATEGI PEMASARAN DAN PESAING
KONSUMEN, PESAING USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN HASIL
PRODUK KERAJINAN NON BENDA
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat:
1. Mengidentifikasi konsumen
2. Mengidentifikasi pesaing usaha
3. Memahami strategi pemasaran hasil produksi usaha yang terinspirasi dari
budaya non benda
B. Uraian Materi
Apersepsi
Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses yang sangat penting yaitu
pemasaran. Tanpa adanya pemasaran, maka konsumen tidak akan tahu tentang produk
yang kita hasilkan. Semakin gencar usaha pemasaran yang kita lakukan,semakin banyak
orang yang akan mengetahui produk kita yang tidak menutup kemungkinan akan
membuat konsumen tertarik dan meningkatkan penjualan produk kita. Proses
pemasaran dalam sebuah usaha akan menentukan berkembang atau tidaknya sebuah
usaha. Kolaborasi antara kualitas produk yang maksimal dan sumberdaya manusia ynag
ahli dalam sebuah pemasaran akan menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah usaha.
Nah apakah kalian ingin menjadi seorang ahli pemasaran ? ayo kita belajar bersama
dalam modul ini
Anak- anak, sebelum kita belajar lebih jauh, alangkah baiknya jika kita memahami
terlebih dahulu beberapa definisi yang terkait dalam modul kali ini, antara lain:
1. Konsumen
Ada beberapa pendapat tentang konsumen,nah kalian simak baik-baik ya
a. Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1
“ Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain”
b. Az. Nasution (1995) membagi pengertian konsumen dalam dua kategori yaitu :
1. sebagai pengguna atau pemakai barang dan/atau pelayanan jasa dengan
tujuan mendapatkan barang dan/atau pelayanan jasa untuk dijual
kembali,
2. sebagai pemakai barang dan/atau pelayanan jasa untuk memenuhi
kebutuhan diri sendiri, keluarga atau rumah tangganya
Sumber : https://bit.ly/2QSjFmB
2. Pesaing Usaha
Sumber : https://tinyurl.com/yxoy3ej
Nah anak-anak, apakah kalian pernah merasa bersaing dengan teman kalian dalam
mencapai prestasi? Pasti pernah kan? Dalam dunia usaha juga ada persaingan loh, kita
pelajari yuk! Persaingan berasal dari bahasa Inggris yaitu competition yang berarti
persaingan, pertandingan atau kompetisi. Dalam kamus manajemen, persaingan diartikan
sebagai usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang berusaha mendapatkan pesanan
dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan. Pesaing usaha dapat
juga diartikan sebagai kompetisi antar penjual yang saling berusaha untuk mendapatkan
konsumen, keuntungan dan jumlah penjualan yang tinggi. Nah, kalian bisa paham kan
dengan penjelasan diatas?
3. Strategi Pemasaran
Anak-anak, dalam dunia usaha kita juga harus mampu membuat strategi atau cara agar
produk yang kita hasilkan banyak peminatnya sehingga akan mampu meningkatkan hasil
penjualan dan menambah penghasilan kita. Kalian mau tahu apa itu strategi pemasaran?
Mari simak penjelasan dibawah ini.
Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang
atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah
penjualan menjadi lebih tinggi.
Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang
dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk
menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.
Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena
berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun
jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu:
Produksi
Pemasaran
Konsumsi
Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi
dan konsumsi.
Ada beberapa pendapat ahli tentang strategi pemasaran yaitu:
1. Kotler dan Amstrong
Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika
pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh
keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.
2. Kurtz
Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program
perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan
membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan
harga.
3. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran
yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat
strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget
untuk pemasaran.
4. Tjiptono
Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang
dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya
saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran
yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.
5. Stanton
Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua
sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan
harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat
memuaskan konsumen.
( sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html)
Sskema marketing mix (Sumber : https://tinyurl.com/y542e65c)
4. Kerajinan Budaya non bendaModul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5
Budaya non benda adalah hasil karya yang abstrak, bukan merupakan benda (tari, Puisi,
Lagu / Nyanyian, Lambang lambang / Simbol, dll)
Sumber: https://tinyurl.com/y5b9lt23
Tarian, puisi, simbol, musik, nyanyian dan simbol itu dapat menjadi sumber inspirasi
untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Setiap daerah dapat mengembangkan
kerajinan khas daerahnya dengan mengambil inspirasi dari budaya lokal daerahnya
masing-masing.
C. Rangkuman
Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam dunia usaha kita harus
memahami beberapa hal agar kita sukses dalam usaha :
1. Dalam dunia usaha tidak akan terlepas dari sebuah proses pemasaran untuk
meningkatkan penjualan dan penghasilan.
2. Konsumen merupakan pemakai barang dan atau jasa
3. Pesaing usaha merupakan kompetitor antar pejual dan pengusaha
4. Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk
memuaskan konsumen dan memperoleh keuntungan
5. Budaya non budaya adalah hasil karya abstrak bukan benda
D. Latihan Soal
JAWABAN
1. Suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran,
penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. Pengertian
tersebut menurut …
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. Kurtz
d. Tjiptono
e. Stanton
2. Alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati
pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani
pasar target tersebut, hal ini merupakan pengertian menurut ...
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. Kurtz
Sumber :Modul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5
@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 7
d. Tjiptono
e. Stanton
3. Upaya memasarkan suatu produk kerajinan non benda, dengan menggunakan
pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
a. Strategi promosi
b. Strategi pemasaran
c. pstrategi
d. pemasaran
e. promosi
4. Persaingan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. ,Pengertian persaingan
dalam bahasa inggris adalah …
a. Competition
b. Competitor
c. Compete
d. Collegue
e. Corporate
5. Sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan
untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan
menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. KurtzModul PKWU Kerajinan Kelas X. KD . 3.5
Komentar
Posting Komentar