Materi Administrasi dan Pemasaran

 


ADMINISTRASI DAN PEMASARAN 


Beberapa Fungsi Administrasi:
1. Tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada.
2. Pekerjaan terbagi secara efektif.
3. Fungsi administrasi sebagai tata usaha adalah mempermudah pekerjaan laporan
atau pengarsipan dokumen sehingga mempermudah kerja manaterial.
4. Perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur bila bekerjasama dalam kelompok
kerja
5. Manajemen yang tepat akan menyelesaikan tugas lebih efisien.

Maksud Dan Tujuan Administrasi
Administrasi yang baik dan rapi adalah membantu pengelolaan perusahaan dan
kelancaran usaha, khususnya dalam pelaporan hasil usaha dan pencatatan administrasi.
Tujuan diterapkannya administrasi yaitu:
1. Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan.
2. Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategic decision
making process seperti keputusan penetapan harga, keputusan efisien, keputusan
investasi, dan keputusan permodalan.
3. Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise
4. Mengetahui kinerja perusahaan.
5. Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan.

Kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan yaitu:
1. Administrasi di gunakan sebagai alat bukti catatan
2. Administrasi di gunakan sebagai alat manajemen laporan
3. Administrasi di butuhkan sebagai penilaian catatan dan laporan

Kegiatan Administrasi
Kegiatan administrasi atau tata usaha meliputi pekerjaan pencatatan yang perlu
dilakukan dalam perusahaan seperti:
1. Mencatat penyelenggaraan produksi
2. Menyusun rencana anggaran perusahaan
3. Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
4. Membuat daftar gaji karyawan
5. Mencatatan pesanan
6. Menyelenggarakan pembukuan
7. Melakukan pengarsipan dokumen
Beberapa aspek penting dalam perencanaan administrasi usaha:
a. Mengurus Izin Usaha Izin usaha adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi
dan melindungi pengelolaan usaha.
b. Penetapan Besarnya Retribusi Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU
c. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
d. Pengurusan Pajak
e. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

2. Perencanaan Pemasaran Usaha Pengolahan Makanan Internasional

Langkah awal sebelum memulai sebuah usaha makanan internasional adalah menentukan
segmentasi pasar. Seorang wirausahawan makanan internasional harus pandai-pandai
menciptakan inovasi menu makanan dan minuman yang sesuai dengan segmen konsumen
yang akan dituju.

Ada dua faktor utama yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan segmentasi pasar dalam
merencanakan pemasaran makanan internasional yaitu:
a. Lokasi Usaha Segmentasi pasar bisa dibedakan berdasarkan lokasi usaha tersebut berada.
Oleh sebab itu, perhatikan kebutuhan dan minat konsumen di sekitar lokasi usaha agar
produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan para konsumen.

b. Harga Jual Harga jual produk juga menjadi salah satu faktor utama dalam membedakan
segmentasi pasar. Para pelaku usaha biasanya membagi target pasar menjadi tiga
kelompok, yaitu kelompok konsumen bawah, konsumen menengah, dan konsumen
segmen atas. Strategi pemasaran untuk setiap target pasar tentu saja berbeda.
Konsumen kalangan bawah dapat ditawarkan menu makanan pokok dengan harga jual
yang terjangkau. Sedangkan untuk konsumen menengah, bisa memadukan antara
makanan dan minuman internasional dengan harga jual yang tidak terlalu mahal. Dan
untuk kalangan atas, yang terpenting adalah pelayanan prima dan kelezatan cita rasa
kuliner yang disajikan. Kalangan/Segmen atas biasanya tidak memikirkan uang yang
mereka keluarkan namun yang terpenting adalah kepuasan yang bisa mereka dapatkan.

Dengan menentukan segmentasi pasar sebelum memulai usaha, maka secara tidak langsung
telah memilih fokus usaha yang ingin dioptimalkan dalam meningkatkan daya saingdan
strategi pemasaran yang paling efektif untuk memulai usaha makanan internasional.
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan
dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga makanan harus sesuai
dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. Faktor pemasaran dapat
dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan
dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar,
selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga.

Ada lima kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan
produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:
a. Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan
media individu.
b. Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan
secara individu atau perorangan.

c. Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan
mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi meliputi
kegiatan perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi
kepada konsumen serta sasaran lainya.

Kegiatan promosi memiliki fungsi antara lain:
1. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need);
2. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada
konsumen (brand awareness);
3. Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude);
4. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention);
5. Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation);
6. Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).

d. Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi
penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek
secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.

e. Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang
berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.


Latihan Soal 2
1. Sebutkan administrasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha usaha
pengolahan makanan internasional?
2. Sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha pengolahan makanan internasional!
3. Sebutkan pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan!
4. Sebutkan kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan
produk dan merk usaha!
5. Sebutkan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha pengolahan makanan
internasional

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi dan Soal latihan ASAT. Genap Kelas XI

MATERI STRATEGI PROMOSI KELAS XI GENAP

MATERI BEP PKWU