STRATEGI PROMOSI KELAS XI 20232024
MATERI STRATEGI PROMOSI
Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, dan Strateginya
Pengertian Promosi
Dalam konteks marketing, promosi atau promotion adalah cara untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang biasanya dilakukan melalui iklan atau pemotongan harga, seperti diungkap Investopedia.
Promosi penjualan dapat dilakukan melalui berbagai kanal, mulai dari platform media sosial, komunikasi digital seperti SMS, hingga media tradisional seperti koran, brosur, hingga promosi di toko retail.
Penjual perlu melakukan teknik ini untuk meyakinkan calon konsumen supaya mau membeli produk atau jasanya.
Teknik marketing yang satu ini dinilai mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan orang-orang serta mendorong mereka agar mau menjadi loyal customer.
Sebagai tambahan, SendPulse juga menjelaskan bahwa promotion termasuk ke dalam strategi 4p marketing. Teknik inimembantu perusahaan mengomunikasikan produknya pada konsumen.
Itulah mengapa promosi dapat dikatakan sebagai elemen paling dasar dalam marketing.
Manfaat Promosi
Menurut Chron, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mampu mempromosikan bisnis secara optimal.
1. Menambah value untuk konsumen
Saat memutuskan untuk melakukan promosi, kamu harus memikirkan apa penawaran terbaik yang akan kamu berikan pada konsumen.
Penawaran terbaik yang kamu iklankan pastinya memiliki nilai tambahan bagi konsumen, agar mereka tak mau melewatkan penawaran tersebut.
Pada strategi bundle pricing, misalnya, kamu secara langsung memberikan value lebih kepada konsumen yang mengeluarkan uang lebih banyak untuk produkmu.
2. Meningkatkan market share
Apabila berhasil menyusun strategi marketing dan iklan yang optimal, kamu berkesempatan untuk meningkatkan market share bisnismu.
Kompetisi di market pasti akan terus meningkat. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk bertahan, salah satunya adalah dengan melakukan promosi.
3. Meningkatkan angka penjualan
Sales growth adalah angka penjualan yang dihitung selama periode tertentu. Jika kamu tidak berusaha memelihara angka tersebut, kompetitor dapat berpotensi menyalip pencapaianmu.
Dengan promosi, kamu bisa tetap bersaing dan mempertahankan sales growth agar tetap positif dan meningkat.
4. Memperbaiki reputasi
Reputasi positif dapat dibangun salah satunya melalui promosi iklan. Kamu bisa menarik perhatian calon pelanggan untuk cari tahu lebih lanjut tentang brand.
Semakin sering konsumen melihat iklan produkmu, mereka semakin menangkap sinyal bahwa ada perkembangan bisnis yang terjadi di sana.
5. Membuat inovasi baru
Percaya atau tidak, kegiatan promotion ternyata dapat mendorong tim kamu supaya lebih kreatif dan inovatif, terutama saat budget yang disediakan tidak terlalu banyak.
Fungsi Promosi
Dilansir dari Business Marketing, berikut 4 fungsi promosi yang perlu kamu ketahui!
1. Informing (menginformasikan)
Fungsi yang pertama adalah sebagai sarana informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
Bagi perusahaan yang telah melebarkan bisnisnya ke berbagai sektor dan wilayah, promosi sangatlah diperlukan. Produk sebagus apa pun tidak akan ada yang membeli jika tidak ada orang yang mengetahuinya.
Jadi, perusahaan harus mengomunikasikan produk mereka kepada semua pihak, mulai dari retailer hingga konsumen akhir.
2. Persuading (mempersuasi)
Fungsi promosi yang tak kalah pentingnya adalah sebagai alat persuasi untuk memotivasi masyarakat agar mau membeli produk.
Untuk dapat melakukannya, informasi tentang produk saja tidak cukup.
Kamu perlu menonjolkan keunggulan, manfaat, dan value yang dapat kamu tawarkan pada konsumen.
3. Reminding (mengingatkan)
Di tengah kompetisi yang semakin tinggi, perusahaan perlu selalu mengingatkan konsumennya bahwa produk mereka masih ada di market dan tidak tergerus oleh perkembangan tren.
Fungsi promosi yang satu ini sangat penting, mengingat konsumen perlu diingatkan tentang ketersediaan produk, kualitas, manfaat, kegunaan, dan kelebihan lainnya.
4. Reassuring (meyakinkan)
Setelah memberi produk, konsumen terkadang merasa ragu apakah mereka telah mengambil keputusan yang tepat.
Dalam hal ini, promosi berfungsi untuk meyakinkan mereka akan kualitas produk yang telah mereka beli.
Tujuan Promosi
Dilansir dari SendPulse, setidaknya ada 5 tujuan dilakukannya sebuah promotion. Berikut penjelasannya.
1. Mengenalkan produk baru
Produk baru yang kamu keluarkan mungkin sudah pernah ada yang memproduksi sebelumnya.
Lalu, apa yang membuat orang-orang harus memilih produk baru dibandingkan produk serupa yang sudah ada di pasaran?
Kegiatan promosi inilah yang bertujuan untuk mengenalkan keunggulan produk terbaru kepada calon pembeli.
2. Mengembangkan brand image
Brand image dapat tercipta ketika orang-orang mengasosiasikan brand kamu dengan produk atau citra tertentu.
Misalnya, jika bicara tentang air mineral kemasan, masyarakat mungkin akan langsung mengingat merek Aqua.
Salah satu promotion objective adalah untuk menciptakan atau mengembalikan image yang melekat pada produk supaya mudah dikenali di pasaran.
3. Memberi informasi kepada konsumen
Apabila melakukan beberapa perubahan pada produk atau kebijakan brand, kamu perlu menginformasikannya pada konsumen.
Nah, kegiatan promosi juga bisa dilakukan untuk memberi tahu perubahan tersebut, sekaligus menjelaskan detail produk.
4. Menunjukkan keunggulan dibandingkan kompetitor
Semua brand pasti menerapkan strategi marketing untuk merebut hati pelanggan.
Salah satu kesempatan yang kamu miliki untuk menekankan kelebihanmu dibandingkan kompetitor ialah melalui strategi promotional marketing ini.
5. Mengubah potential buyer menjadi konsumen
Ada beberapa teknik promotional marketing yang bisa kamu coba lakukan, seperti personal selling dan beragam jenis advertising.
Berbagai strategi promosi tersebut bisa menstimulasi demand terhadap produkmu jika dieksekusi dengan baik.
Jenis-Jenis Promosi
Menurut Indeed, ada 7 jenis promosi yang biasanya dilakukan. Berikut adalah pembahasannya serta contoh-contohnya.
1. Direct marketing
Direct marketing adalah jenis promosi di mana seseorang menjangkau perusahaan atau calon pelanggan dan secara langsung memberitahu mereka terkait diskon yang ada, produk terbaru, serta hal lainnya.
Direct marketing biasanya dianggap sebagai metode yang cepat dan efektif untuk mempromosikan produk dan layanan.
Contoh-contoh dari direct marketing adalah menggunakan media seperti surat fisik, email, dan brosur.
2. Sales promotion
Sales promotion, di sisi lain, penggunaan kegiatan yang bersifat sementara untuk meningkatkan angka permintaan dan penjualan ujar PopUpSmart.
Contoh dari sales promotion adalah seperti flash sale, voucher atau kupon, pemberian hadiah gratis, dan lainnya.
Biasanya, jenis promosi ini dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat, tapi harus bisa bersaing dengan kompetitor lain.
3. Digital marketing
Seperti namanya, digital marketing atau pemasaran via digital adalah penggunaan alat-alat digital untuk menyebarkan informasi tentang sebuah promosi.
Contohnya adalah seperti menggunakan konten media sosial atau artikel blog untuk menjangkau audiens yang lebih luas dari biasanya.
4. Personal selling
Personal selling adalah jenis promosi yang melibatkan komunikasi langsung dari orang ke orang lain. Hal ini berarti mencangkup hal seperti berbicara empat mata atau via telepon.
Tujuan utama dari personal selling adalah membentuk hubungan yang dekat dengan pelanggan atau klien agar mereka terus membeli produk atau menggunakan layanan terbaru.
5. Periklanan
Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis promosi dengan media periklanan seperti memasang iklan di baliho.
Biasanya, iklan tidak ditujukan untuk audiens yang tertentu, tapi digunakan untuk menyebarluaskan ke masyarkat bahwa sedang atau akan berlangsung sebuah promosi.
Selain memasang baliho, iklan juga bisa dilakukan dengan media televisi, radio atau podcast, dan penyebaran brosur.
6. Public relation
Kegiatan humas atau disebut public relation juga merupakan salah satu tipe promosi. Kegiatan ini biasanya membantu menjaga citra perusahaan di mata publik.
Biasanya, perusahaan menggunakan jenis promosi ini untuk mempengaruhi pandangan audiensnya.
Contoh dari kegiatan humas adalah press release atau menyelenggarakan acara khusus untuk hal tertentu.
7. Sponsor
Jenis promosi yang terakhir adalah sponsor. Dengan cara ini, perusahaan melakukan promosi dengan membayar seseorang atau sebuah acara untuk mendapat paparan masyarakat yang lebih luas.
Dengan mensponsori seseorang atau brand yang punya pengaruh kuat di masyarakat, sebuah bisnis dapat memperkuat kredibilitas dari promosi dan kegiatan pemasaran mereka.
Contoh dari sponsor adalah memberi produk kepada influencer media sosial untuk mendapat perhatian dari para fans atau penontonnya.
Strategi Promosi
Apa saja strategi yang bisa kamu jalankan untuk mempromosikan produkmu? Ini dia penjelasan lengkapnya.
1. Pahami kebutuhan target audiens
Semakin spesifik dan to the point strategi promosimu, maka pesan yang kamu sampaikan akan lebih tepat sasaran.
Bayangkan jika kamu kurang memahami target audiens. Bisa jadi promosi dan value yang kamu tawarkan justru tidak mereka minati atau malah menjangkau audiens yang kurang tepat.
Keduanya sama-sama tidak bisa mendatangkan sales. Jadi, jangan lupa untuk lakukan riset yang mendalam, ya.
2. Tentukan objective promosi
Terkadang, kamu bukannya gagal melakukan promosi. Melainkan targetmu yang kurang spesifik dan ekspektasi yang terlalu tinggi.
Semua goal penjualan pasti tak bisa tercapai sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Jadi, pastikan objective kamu realistis dan mudah diukur.
3. Tentukan channel marketing
Pilih channel yang paling efektif untuk mencapai objective kamu. Setiap channel marketing memiliki demografi pengguna dan karakteristik yang berbeda.
Misalnya, jika kamu ingin menjangkau kelompok pekerja, Twitter bisa jadi salah satu pilihan. Namun, jika kamu ingin fokus mempromosikan produk untuk Gen Z, Tiktok mungkin lebih cocok untuk digunakan.
4. Kembangkan promotion mix yang optimal
Promotion mix adalah sebuah model untuk merencanakan sebuah promosi yang terdiri dari 5P, yaitu people, price, place, product, dan promotion.
Sebelum berusaha untuk menguasai market yang baru, pastikan kamu dapat mengidentifikasi aspek terpenting dalam promosi, yaitu people. Setelah itu, kamu bisa rumuskan strategi promotion mix yang sesuai.
5. Buatlah promotional message
Salah satu hal yang menentukan kesuksesan strategimu adalah membuat pesan yang cocok dan mudah dimengerti oleh target audiensmu.
Gunakan bahasa yang trendy dan kekinian jika kamu ingin menjangkau Gen Z. Sebaliknya, gunakan tone yang terdengar sedikit lebih formal jika targetmu merupakan kelompok profesional.
6. Tentukan budget
Kamu perlu menentukan budget yang sesuai dengan ekspektasi, sumber daya, dan objective yang ingin kamu capai.
Semuanya harus seimbang karena apabila objective kamu tinggi tetapi sumber daya yang tersedia ternyata kurang memadai, kamu akan sulit melihat hasil yang diharapkan.
7. Monitor hasilnya secara rutin
Langkah terakhir, jangan lupa untuk memonitor perkembangan promosimu menggunakan marketing tool dan analisis data yang tersedia.
SILAHKAN KERJAKAN DI BUKU TULIS LALU KUMPULKAN
SOAL DAN JAWABANNYA YANG DI TULIS DI BUKU
SOAL EVALUASI LKPD 4
1. Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut adalah pengerti dari …
Titik beban
strategi
penjualan
penawaran
promosi
Yang bukan merupakan tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah….
melayani
membujuk
modifikasi/membentuk tingkah laku
mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan
untuk memperkenalkan diri
Bentuk promosi dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.disebut…
Personal Selling
Sales promotion
Direct marketing
Publisity
Advertising
Suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian ....
Direct marketing
Publisity
Sales promotion
Advertising
Personal Selling
Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan…
brand awareness
brand attitude
purchase facilitation
brand purchase intention
category need
Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen disebut…
purchase facilitation
brand attitude
brand purchase intention
category need
brand awareness
Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan…
PTL (Promotion The Line)
MTL (Marketing The Line)
TTL(Through the Line)
BTL (Below The Line)
ATL (Above The Line)
Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk…
MTL (Marketing The Line)
PTL (Promotion The Line)
ATL (Above The Line)
TTL(Through the Line)
BTL (Below The Line)
Rendi dan Sarah membangun usaha kerajinan dan ingin orang-orang kenal dengan produk yang mereka hasilkan, selain itu mereka berdua ingin memiliki hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan dan calon pelanggan. Sebaiknya Rendi dan Sarah mulai membangun promosi …
Membuat Website atau Toko Online
Menggunakan Social Media
Memanfaatkan Ojek Online
Menggunakan sarana iklan gratis
Membuat Channel Youtube
Pak Slamet ingin sekali menjajakan mainan yoyo produksinya namun beliau tidak memiliki uang untuk mempromosikan produknya, Pak Slamet gemar mendokumetasikan permainan yoyo melalui rekaman video di handphonenya. Di bawah ini cara yang paling tepat yang dapat digunakan oleh Pak Slamet adalah…
Menggunakan Social Media
Membuat Website atau Toko Online
Menggunakan sarana iklan gratis
Memanfaatkan Ojek Online
Membuat Channel Youtube
Mantap
BalasHapusMantap pak, sangat membantu buat SAS besok👍👍
BalasHapus