STRATEGI PEMASARAN KELAS X 20232024
MATERI STRATEGI PEMASARAN
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah usaha yang dilakukan untuk menjual produk lewat pemasaran yang dilakukan perusahaan. Tujuan adanya strategi untuk pemasaran ini dilakukan tentu agar perusahaan mendapat keuntungan, setidaknya ada tiga faktor yang merupakan penentu harga jual produk dan jasa, yakni produksi, pemasaran dan konsumsi, berikut beberapa penjelasan lainnya.
Paul dan Guiltinan
Strategi pemasaran menurut kedua ahli ini adalah pola pikir yang dipakai dalam mengembangkan suatu bisnis yang dijalankan perusahaan. Cara yang dipakai disebut sebagai langkah dalam menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, sasaran hingga termasuk posisi.
Tjiptono
Merupakan alat yang dirancang secara fundamental, di mana proses dari pembuatan alat ini dilakukan sebagai upaya perusahaan dalam melakukan pengembangan keunggulan dalam bersaing lewat program khusus dalam rangka pelayanan pasar secara terus menerus dan berlanjut dalam suatu periode.
Philip Kotler
Fokus kepada fungsi dari pemasaran menyelenggarakan kegiatan untuk bisa pertumbuhan yang memberi untung. Proses kegiatan penjualan pada level marketing mix, Philip Kotler menjelaskan demikian terkait pengertian dari strategi yang diterapkan dalam pemasaran suatu produk yang dijual perusahaan.
Michael Baker
Dijelaskan lebih sederhana dan menjelaskan menurutnya adalah tujuan dasar untuk bisa meningkatkan penjualan dan dipakai untuk mencapai keunggulan kompetitif secara berkelanjutan. Dilakukan agar perusahaan bisa terus berjalan, memenuhi target dan berdiri karena usaha tersebut.
Christian Homburg
Strategi pemasaran adalah segala upaya yang dilakukan dalam waktu jangka pendek dan panjang, khususnya di bidang pemasaran. Memiliki hubungan dengan analisis situasi awal strategis dari perusahaan, strategi ini diawali lewat perumusan terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan evaluasi dan pemilihan strategis dalam memberi kontribusi terhadap tujuan.
David Aaker
Memiliki pengertian yang berbeda dari para ahli lainnya, disebutkan bahwa strategi ini merupakan adalah suatu proses dari proses pemindahan lingkungan bisnis. Termasuk lingkungan internal, yang tujuannya memahami banyak aspek penting dari lingkungan eksternal, inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah mencapai target.
Hausman dan Associates
Strategi pemasaran disebutkan sebagai desain pemasaran yang muncul dalam jangka panjang, tujuannya untuk mencapai optimalisasi penjualan. Proses mencapai optimalisasi ini dilakukan dengan memberi pelanggan pelayanan dan produk hingga merasa puas. Serangkaian rancangan yang tujuannya untuk memasarkan produk kepada masyarakat.
Fungsi Strategi Pemasaran
Meningkatkan Inovasi Pengembangan Bisnis
Dalam penerapan strategi pemasaran produk, pelaku bisnis bisa mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan para konsumen. Baik kebutuhan saat ini, hingga untuk masa yang akan datang dan secara tidak langsung dapat memunculkan inovasi baru. Tentunya inovasi ini bisa dikembangkan bisnis, sementara produk terus berinovasi menjadi lebih baik.
Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif
Berdampak pada koordinasi tim yang berjalan lebih baik dan bisa terarah, strategi ini membantu dalam mengatur tugas setiap pemain di setiap divisi. Tentunya diharapkan kerja sama yang akan dicapai bisa tertuju dengan dan sesuai harapan, divisi pemasaran dan produksi akan bekerja sama dalam hal mencapai target.
Merumuskan Tujuan Perusahaan
Tujuan adalah hal penting yang harus ada dalam berdiri dan berjalannya suatu perusahaan, dengan adanya tujuan bisnis akan berjalan secara terarah dan dapat berkembang ke depannya. Bisnis tak akan bisa berkembang jika tidak memiliki tujuan, seperti misalnya target penjualan yang harus dicapai sekian persen baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Mengawasi Kegiatan Pemasaran
Pelaku bisnis atau perusahaan juga dituntut untuk menerapkan adanya proses pengawasan, terkait strategi apa yang akan digunakan. Lalu apakah strategi untuk pemasaran ini sudah berjalan secara efektif atau tidak, kondisi ini sangat berarti dalam berjalannya bisnis. Pengawasan terhadap fungsi pemasaran yang berjalan untuk mencapai target.
Meningkatkan Penjualan
Menjadi target utama yang harus dicapai perusahaan, yakni adanya peningkatan terhadap penjualan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Hasil akhir yang diharapkan dari adanya dan penerapan strategi, memasarkan sama saja melakukan promo terhadap produk yang akan dijual dan tujuannya mengajak calon konsumen mau membelinya.
Baca juga: Pengertian Konsinyasi, Tips Penjualan dan Contohnya
Contoh Strategi Pemasaran
Memanfaatkan Mesin Pencarian Google
Era digitalisasi tentu membawa dampak positif yang menguntungkan dalam dunia bisnis, salah satunya penerapan strategi untuk pemasaran suatu produk atau jasa. Fakta membuktikan bahwa banyak konsumen yang melakukan transaksi pembelian lewat internet, calon konsumen ini ingin mengetahui bagaimana informasi terkait barang yang akan dibeli.
Membuka Program Afiliasi
Afiliasi merupakan salah satu cara dalam menerapkan contoh strategi pemasaran, sistem ini dijalankan dengan penjual yang menjual produk yang diberikan akan mendapat komisi dari penjualan produk yang sudah dilakukan. Cara ini diyakini sangat membantu dalam meningkatkan promosi terhadap produk yang dijual.
Menggunakan Platform Media Sosial
Media sosial merupakan platform yang wajib dimanfaatkan dalam penerapan strategi pemasaran suatu perusahaan. Identifikasi kepada calon pembeli adalah cara yang dilakukan, untuk kemudian calon konsumen akhirnya mampu mendapatkan penjualan hingga sampai menemui target yang sudah ditetapkan.
Memaksimalkan Konten
Membuat konten semenarik mungkin menjadi salah satu cara dalam penerapan strategi untuk pemasaran, meskipun pada akhirnya menjurus ke iklan. Hal ini tentu akan mengeluarkan banyak biaya, namun konten-konten yang menarik dan menghibur bisa menjadi cara sangat efektif menarik minat calon pembeli.
Menggunakan Jasa Influencer
Di era perkembangan digital, maraknya jasa seorang influencer dalam memasarkan suatu produk atau jasa sangat dibutuhkan. Influencer tentu memiliki banyak pengikut di media sosial yang dimiliki, dan hal ini sangat dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai alat yang menjalankan strategi sehingga kemungkinan produk atau jasa terjual semakin besar.
Elemen Strategi Pemasaran
Product (Produk)
Menjadi elemen strategi dalam pemasaran pertama, produk adalah penentu bagaimana strategi dalam pemasaran dilakukan. Hal-hal yang bisa dipertimbangkan seperti fungsi, tampilan, kualitas dan pengemasan terkait suatu produk yang akan dijual atau dipasarkan lebih dulu. Sementara, pelanggan mempertimbangkan kualitas dan manfaat dari produk tersebut.
Price (Harga)
Berhubungan dengan strategi yang dipakai dalam menetapkan harga suatu produk yang ditawarkan, harga sangat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang bisa dipakai sebagai acuan seperti harga jual di pasaran produk yang sama, metode pembayaran, potongan harga, cara kredit dan lain sebagainya.
Promotion (Promosi)
Strategi dalam pemasaran produk sangat erat kaitannya dengan promosi, segala aktivitas yang diterapkan dengan tujuan agar bisnis dikenal banyak orang. Iklan, penambahan relasi, memanfaatkan teknologi atau digital marketing seperti mengirim pesan blast melalui whatsapp dan adanya sponsor menjadi beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menerapkan promosi.
Place (Tempat)
Tempat menjadi elemen pemasaran yang harus diperhatikan karena mengacu pada lokasi atau tempat di mana produk dan jasa akan dilihat banyak orang, selain itu dibuat, dijual kemudian didistribusikan. Terjangkau dan tidak terlalu banyak menguras biaya, menjadi dua hal yang harus dipertimbangkan ketika menentukan tempat.
People (Orang-orang)
Orang adalah elemen penting dalam berjalannya strategi pemasaran, pasalnya hal ini meliputi karyawan suatu perusahaan yang bertugas sebagai tenaga penjualan dan orang yang membeli produk. Orang sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan, strategi ini diterapkan tentu agar perusahaan mendapat untung.
SETELAH KALIAN MEMBACA MATERI TERSEBUT
Silahkan kerjakan latihan soal ini di buku tulis ! soal dan jawabanya
SOAL EVALUASI
1. Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan merupakan pengertian dari....
Berita Online
Iklan Online
Bisnis Online
Promosi Online
Pemasaran Online
Proses memperkenalkan produk / jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer berbasis internet merupakan pengertian dari...
Internet
Iklan Online
Marketing Content
Pemasaran Online
AdBlock
Sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi secara sosial, berpartisipasi, berbagi informasi dan menciptakan isi meliputi jejaring sosial, grup dan dunia virtual merupakan pengertian dari....
Media Massa
Website
Online Shop
Elektronik Mail
Media sosial
Pemasaran online memungkinkan untuk memetakan data tertentu dari target pasar seperti halnya gender, usia, dan lokasi, dan bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Ini adalah salah satu manfaat Pemasaran Online dilihat dari aspek ....
Efektifitas Biaya
Sasaran Demografis
Konversi Instan
Media yang digunakan
Perubahan Konten yang Cepat
Keuntungan konsumen dalam pemasaran online salah satunya adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu pada sebuah perangkat lunak layanan internet yang disebut....
Email Marketing
Google Advert
Search Engine
Iklan Online
Browser
Meraih keyakinan konsumen sehingga berkeinginan untuk membeli suatu produk iklan online Anda, dan lalu konsumen berdiskusi langsung dengan Anda mengenai produk tersebut. Hal ini adalah salah satu cara kerja Pemasaran Online yang disebut...
Action
Interest
New Comers
Awareness
Desire
Kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan, ketika melakukan pemasaran online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse, dikenal dengan istilah....
Awareness
Interest
Konversi Instan
Social Media
Demografi
Email yang berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa disebut dengan....
Email Marketing
Mailing List
Online Advertising
Web Networking
E-Commerce
Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, WWW, atau jaringan komputer lainnya adalah...
Blog
Afiliasi
ADS
E-Commerce
Iklan online
Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan kecuali...
Promosi di media sosial
Adsence
PPC
Penggunaan blog
Search engine
Usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online adalah...
Afiliasi
Afiliasi pemasaran
E-commerce
ADS
Iklan online
Aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser adalah...
Adsence
Mobile web
Website
Sistem desktop
Blog
Beberapa strategi penetapan harga yang di tetapkan oleh para pemasar, kecuali ...
Diskon
Mempercantik Harga
Menambah Hadiah
Menegaskan Harga
Menurunkan Harga Serendah-rendahnya
Keuntungan iklan online dibawah ini kecuali....
Terdapat Tanggal Kedaluwarsa
Jangkauan
Kebebasan
Lead Time
Biaya
Iklan yang ditampilkan pada halaman website berupa teks link yang sesuai dengan aturan penyedia iklan konten adalah iklan....
Iklan Teks
Iklan Display
Iklan Link
Iklan Daftar Lokal
Iklan Konten
Salah satu 4 jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan yaitu...
Keinginan
Kebutuhan
Penawaran
Supplier
Permintaan
Dibawah ini yang tidak termasuk metode pembayaran iklan online adalah ...
Pay Per Click
Pay Per Cut
Pay Per Read
Pay Per Play
Pay Per Sale
Relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan dengan rekanan disebut juga...
Customer
Partner
Distributor
Semua Benar
Supplier
Berikut ini bukan merupakan manfaat pemasaran online, yaitu . . .
Riset pasar lebih mudah
Kemudahan mengelola barang
Kemudahan memilih target pasar
Sulit melakukan pilihan terhadap barang yang dibeli
Biaya pemasaran murah
Pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan konsumen dengan penjual secara elektronik . . .
Social media marketing
Email marketing
Video marketing
Affiliate marketing
Online marketing
Berikut ini bukan merupakan jenis pemasaran online, yaitu . . .
Chating marketing
Affiliate marketing
Search engine marketing
Social media marketing
Continuous marketing
Promosi akan meningkatkan . . . bagi konsumen sehingga ketika konsumen membutuhkan produk sejenis dengan yang dijual, andalah penjual yang pertama akan dituju.
Brand continuous
Self awareness
Image
Continuous awareness
Brand awareness
Soal No 1
Usaha memetakan pasar dengan cara memilah-milahkan konsumen berdasarkan persamaannya di antara mereka merupakan pengertian dari …
A. Targeting
E. Positioning
C. Analisis pasar
D. Penempatan diri
B. Segmentating
Soal No 2
Kelompok pembeli yang dipilih oleh pihak perusahaan karena mempunyai karakteristik dan atau hampir sama (homogen) disebut …
D. Penempatan diri
C. Analisis pasar
E. Positioning
B. Segmentating
A. Targeting
Soal No 3
Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Pelayanan kepada pembeli yang lebih baik
(2) Pasar lebih mudah dibedakan
(3) Pasar lebih mudah disamakan
(4) Strategi pemasaran yang lebih terarah
Dari pernyataan di atas, yang termasuk tujuan dari segmentasi pasar ialah …
C. (1), (3), (4)
D. (1), (2), (4)
A. (2) dan (4)
E. Semua benar
B. (1), (2), (3)
Komentar
Posting Komentar