KISI - KISI SOAL KELAS 12
No | Kompetensi Dasr / IPK | Bahan Kelas / Semester | Materi | Indikator Soal |
1. | 3.1 Memahami karakteristik kewirausahaan (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani menjalankan resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha | X / 1 X / 1 X / 1 | Dimensi Kewirausahaan Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan Ciri-ciri wirausahawan | Disajikan pernyataan tentang kewirausahaan, peserta didik dapat menentukan pengertian kewirausahaan dengan tepat Disajikan ilustrasi sebuah usaha, peserta didik dapat memprediksi penyebab keberhasilan atau kegagalan seorang wirausahawan Disajikan ilustrasi kisah seorang wirausahawan, peserta didik mampu menentukan cir-ciri yang tepat dimiliki seorang wirausahawan Disajikan wacana tentang usaha, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik wirausaha dalam menghadapi masalah usaha |
2 | 3.2 Memahami perencanaan usaha budidaya tanaman pangan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran | X/1 | Ide dan peluang usaha | Disajikan pernyataan tentang kondisi lingkungan sekitar, peserta didik mampu menentukan ide dan peluang usaha/sumber daya/administrasi/pemasaran |
3 | 3.7 Memahami perencanaan usaha yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran untuk produksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat | X/2 | Analisa peluang usaha | Disajikan 5 pernyataan tentang analisa produk, peserta didik dapat menentukan 3 pernyataan yang termasuk analisa internal / eksternal |
|
| X/2 X/2 | Komponen perencanaan usaha Sumber daya | Disajikan ilustrasi berkaitan dengan ide dan peluang usaha, peserta didik dapat menunjukan perencanaan usaha yang tepat Disajikan jenis-jenis sumber daya, peserta didik dapat menentukan salah satu jenis sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan produksi
|
|
| X/2 | Analisa peluang usaha | Disajikan tabel analisis SWOT, peserta didik dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan dalam rangka mengembangkan usaha |
4. | 3.7 Memahami perencanaan usaha yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran untuk produksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat | X/2 | Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha | Disajikan wacana penyusunan perencanaan usaha peserta didik dapat menentukan langkah -langkah penyusunan perencanaan usaha |
5. | 3.2 Menganalisis sistem produksi pembenihan ikan konsumsi berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat | XI/1 | Teknik produksi pembenihan ikan konsumsi | Disajikan beberapa produk ikan konsumsi, peserta didik dapat menganalisis teknik produksi pembenihan ikan konsumsi berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
|
| XI/1 | Teknik pengemasan | Disajikan beberapa produk ikan konsumsi, peserta didik dapat menentukan teknik pengemasan yang tepat |
|
| XI/1 | Pengemasan ikan konsumsi berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat | Disajikan pernyataan tentang jenis jenis kemasan, peserta didik dapat menentukan satu jenis kemasan yang tepat untuk ikan konsumsi berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
|
| XI/1 | Tahapan proses pembenihan ikan konsumsi | Disajikan data tentang proses produksi, peserta didik dapat menunjukkan tahapan proses pembenihan ikan konsumsi |
|
| XI/1 | Teknik sistem produksi ikan konsumsi | Disajikan data tentang teknik pembuatan produk, peserta didik dapat menerapkan teknik yang tepat untuk pembenihan ikan konsumsi yang sesuai dengan tempatnya |
6. | 3.7 Menganalisis sistem produksi pembenihan ikan hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat. | XI/2 | Teknik produksi pembenihan ikan hias | Disajikan tabel target produksi, peserta didik dapat menganalisa sistem produksi pembenihan ikan hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat. |
|
| XI/2 | Teknik pengemasan | Disajikan beberapa gambar kemasan, peserta didik dapat menerapkan kemasan yang tepat untuk pembenihan ikan hias |
|
| XI/2 | Alat sistem produksi | Disajikan beberapa alat, peserta didik dapat menentukan alat sistem produksi yang tepat untuk pembenihan ikan hias |
|
| XI/2 XI/2 | Teknik pembenihan ikan hias | Disajikan gambar alur pembenihan ikan hias, peserta didik dapat menganalisis teknik pembenihan ikan hias yang tepat. Disajikan alat dan bahan yang digunakan untuk pembenihan ikan hias, peserta didik dapat memprediksi jenis ikan hias yang tepat berdasarkan kualitas atau kuantitas produk. |
7. | 3.4 Memahami perhitungan harga pokok produksi usaha budidaya tanaman pangan | X/1 | Komponen biaya produksi | Disajikan data tentang keuangan perusahaan, peserta didik dapat menentukan komponen yang termasuk harga pokok produksi |
8. | 3.3 Memahami perhitungan titik impas (break even point) usaha budidaya pembenihan ikan konsumsi | XI/1 | BEP | Disajikan data keuangan sebuah usaha, peserta didik dapat menentukan Harga Pokok Produksi (HPP) |
|
| XI/1 | Taksiran harga jual | Disajikan komponen data keuangan, peserta didik dapat menentukan besarnya harga jual yang tepat |
9. | 3.8 Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha budidaya pembenihan ikan hias | XI/2 | Biaya tetap | Disajikan beberapa komponen biaya usaha budidaya pembenihan ikan hias, peserta didik dapat menentukan komponen biaya tetap |
|
| XI/2 | Perhitungan laba dan rugi | Disajikan ilustrasi keuangan suatu usaha budidaya ikan, peserta didik dapat menghitung laba atau rugi perusahaan |
|
| XI/2 | Biaya tidak tetap | Disajikan beberapa pernyataan biaya, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk biaya tidak tetap |
|
| XI/2 | Keuangan | Disajikan data keuangan sebuah usaha, peserta didik dapat menentukan besarnya titik impas (BEP) dalam rupiah |
XI/2 | Keuangan | Disajikan table keuangan sebuah usaha, peserta didik dapat menghitung besarnya titik impas (BEP) dalam unit | ||
10. | 3.5 Memahami pemasaran produk usaha budidaya tanaman pangan secara langsung | X/1 | Strategi pemasaran | Disajikan ilustrasi/wacana/artikel tentang kondisi sebuah usaha pada masa pandemi, peserta didik dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. |
|
| X/1 | Konsumen dan pesaing | Disajikan pernyataan jenis-jenis usaha, peserta didik dapat menentukan manakah yang termasuk pesaing usaha. |
11. | 3.4 Menganalisis media promosi produk usaha budidaya unggas petelur | XII/1 | Media promosi | Disajikan 5 gambar media promosi, peserta didik dapat menentukan media promosi yang paling tepat di masa pandemi |
|
| XII/1 | Media promosi | Disajikan gambar usaha budidaya, peserta didik dapat menentukan media promosi yang tepat sesuai usaha tersebut |
12. | 3.3 Mengevaluasi kegiatan usaha budidaya unggas petelur | XII/1 | Permasalahan usaha dan solusinya | Disajikan contoh kasus usaha sedang mengalami masalah, peserta didik dapat menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari masalah yang disajikan pada contoh kasus diatas |
| 3.5 Menganalisis sistem konsinyasi usaha budidaya unggas petelur | XII/1 | Sistem konsinyasi | Disajikan wacana tentang usaha, peserta didik dapat mengidentifikasi sistem konsinyasi yang tepat |
| 3.9 Menganalisis media promosi produk usaha budidaya unggas pedaging | XII/2 | Media promosi | Disajikan sebuah gambar produk usaha, peserta didik mampu menentukan media promosi yang efektif dan efisien. |
|
| XII/2 | Strategi pemasaran | Disajikan pernyataan (Segmenting, Targeting, Positioning) peserta didik dapat menentukan strategi pemasaran yang paling tepat. |
| 3.8 Mengevaluasi kegiatan usaha budidaya unggas pedaging | XII/2 | Evaluasi dan laporan usaha | Disajikan 5 pernyataan tentang komponen evaluasi usaha, peserta didik dapat menentukan 3 komponen evaluasi usaha dengan tepat |
XII/2 | Pengembangan usaha | Disajikan contoh laporan keuangan pada kegiatan usaha produk, peserta didik dapat menganalisis langkah pengembangan usaha yang tepat | ||
15. | 3.8 Mengevaluasi kegiatan usaha budidaya unggas pedaging | XII/2 | Pengembangan usaha Laporan Usaha Teknik pembuatan laporan | Disajikan unsur tentang beberapa tahap pembuatan laporan, peserta didik dapat menyusun tahap pembuatan laporan yang tepat Disajikan pernyataan tahapan laporan kegiatan usaha, peserta didik dapat menyusun tahapan laporan usaha yang tepat |
16. | 3.1 Memahami karakteristik kewirausahaan (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani menjalankan resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha | X/1 | Karakteristik kewirausahaan | Disajikan profil seorang wirausahawan , peserta didik dapat mengidentifikasi 3 ciri-ciri seorang wirausaha yang dimiliki wirausahawan |
17. | 3.7 Memahami perencanaan usaha yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran untuk produksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat | X/2 | Perencanaan usaha | Disajikan wacana sebuah usaha budidaya , peserta didik dapat menganalisis usaha tersebut dengan menggunakan analisa SWOT |
|
| XI/1 | Sistem produksi | Disajikan gambar produk wirausaha budidaya ikan konsumsi, peserta didik dapat menyusun tahapan proses pembuatan produk tersebut (guru menentukan minimal tahapan yang diinstruksikan kepada peserta didik) |
| 3.8 Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha budidaya pembenihan ikan hias | XI/2 | Perhitungan titik impas | Disajikan tabel keuangan usaha budidaya, peserta didik dapat meghitung/menentukan titik impas (BEP) dalam unit/Rupiah |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar