SOAL REMEDIAL GENAP KELAS X 2025
1. Bagaimana produk kerajinan nusantara dapat dikembangkan secara kewirausahaan?.
a. Dengan mencari pelanggan di pasar lokal
b. Dengan membuka cabang di luar negeri
c. Dengan mempekerjakan desainer terkenal
d. Dengan mencari investor untuk membiayai produksi
e. Dengan menjalin kerjasama dengan pemasok asing
2. Bentuk kerajinan seperti gerabah, keranjang, tikar, patung, motif ukiran telah menjadi
bagian dari bangunan tradisional dan sebagai alat-alat yang dapat dimanfaatkan dalam
hidup sehari-hari. Dengan berjalannya waktu, bentuk-bentuk kerajinan ini berkembang
tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun juga sebagai elemen ....
a. pakai
b. tradisi
c. inovasi
d. dekoratif
e. fungsionalitas
3. Fungsi produk aksesoris interior rumah tangga secara umum adalah ....
a. fungsi hias
b. fungsi pakai
c. fungsi tradisi
d. fungsi simpan
e. fungsi pakai dan hias
4. Keragaman budaya Indonesia saat ini telah sering dimanfaatkan sebagai sumber
gagasan dalam pengembangan produk interior rumah tangga. Dibawah ini yang bisa
dijadikan sumber gagasan dalam pengembangan produk interior rumah tangga adalah
....
a. lagu daerah
b. pakaian adat
c. upacara adat
d. senjata tradisional
e. makanan khas daerah
5. Berikut ini beberapa contoh produk interior yang dapat dikembangkan dengan
terispirasi budaya nusantara, kecuali ....
a. lampu meja berbentuk dome
b. hiasan dinding berbentuk daun
c. jendela kayu dengan ukiran Jepara
d. termos dengan motif batik khas nusantara
e. wastafel dari ukiran kayu yang dietakkan diatas batang pohon mati
6. Cara mengembangkan kerajinan tradisional seperti tikar atau keranjang agar lebih
diminati di pasar global dengan ....
a. mempertahankan bentuk asli
b. mengintegrasikan motif tradisional dengan desain modern
c. menggabungkan fungsi asli dengan elemen estetika yang inovatif
d. tetap menjaga keaslian nilai budaya yang terkandung di dalamnya
e. menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih rendah dari produk
luar negeri
____
7. Keragaman budaya Indonesia sering dijadikan sumber gagasan dalam pengembangan
produk interior rumah tangga. Hal ini menunjukkan bahwa budaya lokal adalah ....
a. berfungsi sebagai warisan sejarah
b. relevan untuk kebutuhan sehari-hari
c. lebih dihargai di pasar dalam negeri
d. mencerminkan ciri khas daerah tertentu
e. memiliki potensi besar untuk diadaptasi dalam inovasi modern
____
8. Dalam pengembangan bentuk tempat lilin yang terinspirasi dari lekuk tubuh penari
tradisional, unsur yang paling penting untuk diperhatikan agar produk tetap memiliki
nilai fungsi dan estetika adalah ....
a. harga jual produk
b. kualitas bahan baku
c. keterampilan pemasaran
d. interprestasi bentuk dan simbol
e. jumlah produk yang dihasilkan
____
9.
Pak Adi ingin mendekorasi rumahnya dengan menambahkan sentuhan seni. Ia tertarik
dengan kerajinan tangan untuk interior rumah. Ketika berbelanja, ia menemukan
berbagai macam produk kerajinan, di antaranya:
(1)
Patung kucing dari kayu.
(2)
Lampu hias berbentuk burung hantu.
(3)
Tempat tisu dengan ukiran bunga mawar
(4)
Vas bunga berbentuk silinder dengan ukiran geometris.
(5)
Hiasan dinding berbentuk abstrak dengan perpaduan warna.
Dari produk-produk tersebut diatas, yang termasuk contoh kerajinan interior figuratif
ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
e. (4) dan (5Name: ________________________
ID: A
3
____ 10.
Transportasi merupakan bagian usaha budi daya tanaman hias yang membantu dalam
bidang….
a. Agraris
b. Distribusi
c. Manufaktur
d. Peternakan
e. Perdagangan
____ 11.
Salah satu tantangan dalam pengembangan produk kerajinan nusantara adalah….
a. Banyaknya bahan baku lokal
b. Kualitas desain yang rendah
c. Kurangnya perhatian dari pemerintah
d. Persaingan harga dari produk impor
e. Minimnya promosi melalui media social
____ 12.
Cara media informasi dan komunikasi dapat membantu memperluas jaringan distribusi
produk kerajinan nusantara dengan cara ….
a. mengurangi biaya produksi
b. memudahkan proses produksi
c. meningkatkan kualitas produk
d. mempercepat proses distribusi
e. mengenalkan produk kepada konsumen potensial
____ 13.
Eksplorasi desain produk kerajinan nusantara dapat membantu meningkatkan aspek
ergonomis dengan cara ….
a. mengurangi biaya produksi
b. meningkatkan kualitas produk
c. mengubah bahan dan bentuk produk
d. memodifikasi sumber daya nusantara
e. memperluas jangkauan pasar internasionalName: ________________________
ID: A
4
____ 14.
Produk kerajinan nusantara berbasis kewirausahaan dikembangkan
dengan tujuan ….
a. Menarik minat investor asing
b. Menjaga kelestarian budaya Indonesia
c. Mendapatkan pengakuan dari UNESCO
d. Memenuhi kebutuhan pasar internasional
e. Meningkatkan pendapatan individu secara signifikan
____ 15.
Dengan adanya sebuah proposal usaha, pihak manajemen usaha kerajinan akan
memperoleh masukan yang dapat menjadi pertimbangan untuk….
a. perluasan usaha
b. pembukaan cabang baru
c. menambah jenis produksi
d. mengalahkan saingan usaha
e. menambah kapasitas produksi
____ 16. Sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah pedesaan yang asri dengan detail yang
sangat mirip dengan aslinya, seperti gunung, sawah, sungai, rumah, dan petani yang
sedang membajak sawah, termasuk dalam kategori ....
a. abstrak
b. Figuratif
c. minimalis
d. surrealistik
e. nonfiguratif
____ 17. Seorang siswa ingin membuat mangkuk kecil dari tanah liat dengan teknik sederhana
yang hanya menggunakan jari tanpa alat tambahan. Teknik yang paling tepat untuk
digunakan adalah ….
a. teknik slab
b. teknik pilin
c. teknik cetak
d. teknik butsir
e. teknik pinching
____ 18. Sebutkan tiga bahan kemasan yang ramah lingkungan ...
a. Kain, logam, kertas daur ulang
b. Kertas, plastik biodegradable, kaca
c. Batu, kayu, plastik non-biodegradable
d. Aluminium, styrofoam, plastik biasa
e. kain, logam, Aluminium, kacaName: ________________________
ID: A
5
____ 19. Kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti
misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan
yang dibungkus dan sebagainya, merupakan pengertian dari kemasan ….
a. sosial
b. Kuarter
c. Tertier
d. Primer
e. Sekunder
____ 20.
Ergonomis adalah kata sifat dari ergonomi yang berarti desain yang bersifat ergonomi
dimana desain disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Dibawah
ini yang tidak memenuhi ergonomis adalah ....
a. produk tersebut dibuat berdasrkan selesar dan estetika pembuat
b. produk kerajinan tersebut harus mudah untuk digunakan atau
dipegang
c. produk tersebut memberikan rasa nyaman secara fisik kepada
pengguna
d. produk tersebut akan digunakan oleh perempuan atau laki-laki, dewasa
ataupun anak-anak
e. produk tersebut dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan
mengurangi risiko cedera
____ 21. Salah satu keunggulan utama teknik pembuatan relief pada logam tipis secara
tradisional dibandingkan dengan teknik modern adalah….
a.
prosesnya lebih cepat karena menggunakan tenaga manusia
b.
hasilnya lebih presisi dibandingkan teknik pencetakan digital
c. setiap produk memiliki karakter unit karena dibuat dengan tangan
d.
menghasilkan produk dalam jumlah besar dengan biaya lebih murah
e.
teknik tradisional tidak memerlukan keterampilan khusus dalam
pembuatannya
____ 22. Seorang desainer interior ingin menggunakan teknik makrame untuk menghias
ruangan minimalis. Produk yang paling sesuai dengan konsep tersebut adalah ....
a. vas bunga dari kaca dengan motif modern
b. meja kayu dengan ukiran khas daerah tertentu
c. karpet berbahan sintetis dengan pola geometris
d. tirai jendela dari kain batik dengan motif tradisional
e. hiasan dinding berbentuk anyaman tali yang artistikName: ________________________
ID: A
6
____ 23. Teknik makrame biasanya dibuat dengan memanfaatkan bahan tali, teknik ini telah
lama dikenal luas di Indonesia sebagai pilihan teknik yang dapat digunakan dalam
pembuatan produk kerajinan. Pemanfaatan teknik makrame tidak terbatas pada produk
kerajinan fesyen, namun juga merambah pada produk-produk aksesoris interior rumah
tangga. Dibawah ini yang tidak termasuk alasan teknik makrame banyak digunakan
adalah ....
a. mudah dipelajari
b. teknik yang fleksibel
c. cocok untuk semua bahan
d. teknik yang sederhana
e. bahan mudah didapatkan
____ 24.
Sebuah usaha pembuatan lentera batik kayu mengeluarkan biaya bahan baku (kayu,
batik, kaca) per unit sebesar Rp. 250.000, biaya tenaga kerja sebesar Rp. 150.000,
perlengkapan (cat dan lem) sebesar 50.000, dan kemasan sebesar Rp. 50.000. Jika
pengusaha memproduksi 5 unit lentera batik kayu, maka total biaya produksi yang
dikeluarkan pengusaha lentera tersebut adalah sebesar ....
a. Rp. 500.000
b. Rp. 1.500.000
c. Rp. 2.500.000
d. Rp.3.500.000
e. Rp. 5.000.000
____ 25. Seorang pengusaha aksesoris membuat gantungan kunci dengan rincian harga pokok
produksi yang meliputi biaya kayu/batok kelapa sebesar Rp. 2.000, kain batik sebesar
Rp. 3.000, ring dan rantai logam sebesar Rp. 2.000, cat/pelitur sebesar Rp. 2.000,
kemasan plastik sebesar Rp. 500. Pengusaha menginginkan setiap gantungan kunci
mendapatkan keuntungan Rp. 1.500. Maka pengusaha harus menjual gantungan kunci
tersebut dengan harga ....
a. Rp. 5.000
b. Rp. 9.500
c. Rp. 10.000
d. Rp. 11.000
e. Rp. 15.000
____ 26. Dalam pembuatan produk kerajinan aksesoris eksterior nusantara sering manfaat
penggunaan bahan alami dengan ....
a. menggunakan limbah sampah
b. mengambil bahan baku sintesis
c. memanfaatkan sumber daya alam lokal
d. mengimpor bahan baku dari negara lain
e. mengkombinasi bahan sintesis dan logamName: ________________________
ID: A
7
____ 27. Sebuah perusahaan kerajinan memproduksi kerajinan dengan biaya tetap sebesar Rp.
5.000.000,- per bulan. Biaya variabel per unit Rp. 2.000., dan harga jual per unit Rp.
5000. Perusahaan tersebut harus menjual minimal berapa unit untuk mencapai titik
impas....
a. 1.667 unit
b. 1.668 unit
c. 1.669 unit
d. 2.000 unit
e. 2.669 unit
____ 28. Manakah pernyataan di bawah ini yang merupakan unsur unsur dari Break Event Point
(1) . Biaya tetap
(2). Biaya tidak tetap
(3). Harga Jual
(4). Volume penjualan
(5). Promosi
(6). Distribusi
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (1) dan (5)
d. (1), (2) dan (3)
e. (1), (5) dan (6)
____ 29. Sebuah perusahaan kerajinan kayu ukir dari Jepara memiliki Fixied Cost sebesar Rp.
10.000.000,- per bulan, Variable Cost sebesar Rp. 5000,- per unit dan sales price
Rp.10.000 per unit. Berapa Break Evant Point perusahaan tersebut ....
a. 500 unit
b. 1000 unit
c. 2000 unit
d. 3000 unit
e. 3500 unit
____ 30. Bambu merupakan bahan lokal yang cukup mudah ditemui di daerah Nusa Tenggara
Timur. Tanaman ini ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan namun juga
menjadi bahan pembuatan produk kerajinan aksesoris rumah tangga, seperti perabot
rumah tangga, baik untuk di ruang interior maupun eksterior. Hal ini dikarenakan
bambu dari Nusa Tenggara Timur memiliki karaketeristik yang berbeda dengan
bambu dari daerah lain berupa ....
a. sangat ringan
b. batang bambu lurus
c. warna yang menarik
d. ulet, keras dan mudah dibentuk
e. lentur, keras dan mudak dibentukName: ________________________
ID: A
8
____ 31. Dalam pembuatan gerabah, inovasi dalam desain dan fungsi sangat penting. Yang
dapat dilakukan oleh pengrajin untuk meningkatkan daya saing produk gerabah di
pasar modern adalah ....
a. biaya produksi menjadi lebih murah
b. menghindari penggunaan teknologi dalam proses produksi
c. memproduksi gerabah dengan bentuk yang sama dengan mengikuti
tren pasar demi menjaga tradisi
d. mengembangkan desain yang inovatif dan fungsional dengan tetap
mempertahankan nilai tradisional
e. menggabungkan desain tradisional dengan sentuhan modern agar
lebih menarik bagi berbagai kalangan konsumen
____ 32.
Dalam merencanakan displai atau kemasan produk kerajinan, ada beberapa faktor
penting yang perlu dipertimbangkan. Pernyataan berikut yang paling tepat
menggambarkan pentingnya kemasan yang sesuai untuk produk kerajinan yang
ringkih adalah ....
a.
penjualan daring tidak memerlukan perhatian khusus terhadap displai
produk.
b.
produk kerajinan yang ringkih sebaiknya tidak dijual secara daring
karena sulit untuk dikemas.
c.
kemasan yang menarik tidak perlu dipertimbangkan jika produk
sudah memiliki desain yang bagus.
d.
kemasan yang sederhana lebih baik daripada kemasan yang kuat
untuk produk kerajinan yang ringkih.
e. kemasan yang kuat dan aman sangat penting untuk melindungi produk
kerajinan yang ringkih agar tidak rusak selama penyimpanan dan
pengiriman
____ 33. Perhatikan teknik pembuatan produk kerajinan dibawah ini!
(1) Teknik potong
(2) Teknik carving
(3) Teknik sambung
(4) Teknik mengerik
(5) Teknik konstruksi
(6) Teknik pembakaran
Teknik pembuatan produk pada bambu ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), (3)
b. (1), (3), (5)
c. (2), (4), (5)
d. (3), (5), (6)
e. (4), (5), (6)Name: ________________________
ID: A
9
____ 34. Produk kerajinan aksesoris eksterior nusantara banyak yang ditemukan dan dibuat dari
tanah liat, hal ini karena Indonesia sangat relevan dan didukung oleh ....
a. letak geografis
b. kondisi budaya
c. jalur perdagangan strategis
d. sumber daya manusia yang besar
e. para pengrajin tanah liat yang ada disetiap daerah
____ 35. Dibawah ini yang tidak termasuk hal penting dan harus diperhatikan pada saat
pembuatan logo adalah ....
a. tetapkan tujuan logo yang akan dibua
b. desain logo disesuaikan dengan konsep produk
c. logo hendaknya memiliki desain brand yang sudah ada
d. pembuatan logo mengikuti perkembangan trend yang ada
e. logo sebaiknya disesuaikan gaya dan warnanya dengan target pasar
yang dituju
____ 36. Pemerintah dapat berperan terhadap industri kecil produk kerajinan eksterior
nusantara pada para pengrajin daerah seperti pembuatan anyaman dan ukir-ukiran
yang masih menjaga teknik tradisional yang menjadi ciri budaya suatu daerah dengan
memberikan regulasi mengawasi, membatasi dan memperketat produk impor yang
masuk ke Indonesia agar suatu daerah dapat ....
a. mempercepat proses produksi
b. meningkatkan ekonomi masyarakat
c. meningkatkan ketergantungan pada pemerintah
d. mengembangkan desain yang kreatif dan inovatif
e. menggabungkan desain tradisional dengan sentuhan modern
____ 37. Indonesia terkenal dengan ragam budayanya, sehingga untuk melestarikan dan
menjaga keberagaman budaya yang ada dan daya saing dalam produk aksesoris
eksterior nusantara pengusaha dalam menghasilkan produk dituntut untuk ....
a. mengikuti tren pasar
b. menghasilkan devisa
c. memenuhi pasar domestik
d. bekerjasama dengan investor
e. mencerminkan identitas daerah
____ 38. Menurut data, Indonesia adalah salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia.
Penggunaan internet tidak hanya sebagai alat kesenangan belaka, namun juga dapat
dijadikan sebagai alternatif peluang usaha dengan memperkenalkan produk secara
daring seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoppe, dan lain-lain. Berdasarkan informasi
diatas, contoh strategi pemasaran secara daring diatas tersebut termasuk ....
a. bazar
b. website
c. toko daring
d. media sosial
e. platform jual beliName: ________________________
ID: A
10
____ 39. Dalam berwirausaha kerap kita menemui kegagalan (lebih banyak) dan keberhasilan,
sikap apa yang dapat kita tunjukkan sebagai manusia yang beragama dan bertuhan jika
kita berwirausaha menemui banyak kegagalan....
a. Mengadu dan menuliskan postingan di facebook
b. Frustasi meratapi hasil yang kurang memuaskan
c. Lebih baik menyendiri, menyepi dan mencari inspirasi
d. Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani mengambil resiko dengan
menghalalkan segala cara
e. Tetap berusaha mencari peluang dan banyak belajar dari pengalaman
disertai dengan selalu berdoa
__
Komentar
Posting Komentar