SILABUS SENI RUPA

 

SILABUS

Satuan Pendidikan

:

SMA  92 JAKARTA

Mata Pelajaran

:

Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas/Semester

:

X / 1-2 (Ganjil & Genap)

Alokasi Waktu

:

 

Tahun Pelajaran

:

2021- 2022

 

 

 

Standar Kompetensi (KI)

 

 

KI-1 dan KI-2

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI-3

:

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

3.1   Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa

·        Konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa.

·        Pembuatan karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model

·     Mengamati dan mengklasifikasi unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa

·     Mengamati dan mengklasifikasi  teknik dalam berkarya seni rupa

·     Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa

·     Membuat karya seni rupa dua dimensi dengan melihat model:

a.      benda mati

b.      benda hidup

c.      foto/gambar

·     Berkarya seni rupa dua dimensi eksplorasi dengan berbagai media dan teknik

4.1   Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model

3.2   Memahami karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya

·       Karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetis.

·       Pembuatan karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model

·     Mengamati dan mengklasifikasi karya seni rupa berdasarkan jenis, tema dan nilai estetisnya

·     Mempresentasikan hasil pengamatan  terhadap jenis, tema dan nilai estetis dalam karya seni rupa

·     Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model:

a.      benda mati

b.      benda hidup

c.      foto/gambar

·     Bereksplorasi dengan berbagai media  dan teknik

·     Mengkomunikasikan konsep hasil eksplorasi berkarya tiga dimensi dengan berbagai media dan teknik.

4.2   Membuat karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model

3.3   Memahami konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

·     Konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

·     Pelaksanaan pameran hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi yang dibuat berdasarkan  melihat model

·     Mengamati dan mengklasifikasi konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

·     Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap konsep dan prosedur pameran karya seni rupa

·     Merencanakan dan melaksanakan pameran karya sendiri di dalam kelas

·     Mempresentasikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pameran secara tulis dan lisan.

4.3   Menyelenggarakan pameran hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi yang dibuat berdasarkan melihat model

3.4   Memahami konsep, prosedur, dan fungsi kritik dalam karya seni rupa

·     Konsep, prosedur dan fungsi kritik dalam karya seni rupa

·     Pembuatan deskripsi karya seni rupa berdasarkan pengamatan dalam bentuk lisan atau tulisan

·     Mengamati konsep, prosedur dan fungsi kritik dalam karya seni rupa

·     Mempresentasikan hasil pengamatan terhadap konsep, prosedur dan fungsi kritik dalam karya seni rupa

·     Mendeskripsi karya seni rupa secara lisan maupun tertulis.

·     Mempresentasikan hasil deskripsi karya seni rupa secara tertulis dan lisan

4.4   Membuat deskripsi karya seni rupa berdasarkan pengamatan dalam bentuk lisan atau tulisan

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(…………………………)

NIP. …………………………

 

…., ……………. 2022

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(NUR YANTO,S.Pd)

NIP. ……………………

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi dan Soal latihan ASAT. Genap Kelas XI

MATERI STRATEGI PROMOSI KELAS XI GENAP

MATERI BEP PKWU