SILABUS SENI RUPA
SILABUS
Satuan Pendidikan |
: |
SMA 92
JAKARTA |
||
Mata Pelajaran |
: |
Seni Budaya (Seni Rupa) |
||
Kelas/Semester |
: |
X / 1-2 (Ganjil & Genap) |
||
Alokasi Waktu |
: |
|
||
Tahun Pelajaran |
: |
2021- 2022 |
||
|
|
|
||
Standar Kompetensi
(KI) |
|
|
||
KI-1 dan KI-2 |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”. |
||
KI-3 |
: |
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
||
KI-4 |
: |
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan |
||
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Kegiatan
Pembelajaran |
3.1
Memahami konsep, unsur, prinsip,
bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa |
·
Konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa. ·
Pembuatan karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai media dan
teknik dengan melihat model |
·
Mengamati
dan mengklasifikasi unsur, prinsip dan bahan dalam karya seni rupa ·
Mengamati
dan mengklasifikasi teknik dalam
berkarya seni rupa ·
Mempresentasikan
hasil pengamatan terhadap unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya
seni rupa ·
Membuat
karya seni rupa dua dimensi dengan melihat model: a. benda mati b. benda hidup c. foto/gambar ·
Berkarya
seni rupa dua dimensi eksplorasi dengan berbagai media dan teknik |
4.1
Membuat karya seni rupa dua dimensi
menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model |
||
3.2
Memahami karya seni rupa berdasarkan,
jenis, tema, dan nilai estetisnya |
·
Karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetis. ·
Pembuatan karya seni rupa tiga dimensi dengan melihat model |
·
Mengamati
dan mengklasifikasi karya seni rupa berdasarkan jenis, tema dan nilai
estetisnya ·
Mempresentasikan
hasil pengamatan terhadap jenis, tema
dan nilai estetis dalam karya seni rupa ·
Membuat karya
seni rupa tiga dimensi dengan melihat model: a. benda mati b. benda hidup c. foto/gambar ·
Bereksplorasi
dengan berbagai media dan teknik ·
Mengkomunikasikan
konsep hasil eksplorasi berkarya tiga dimensi dengan berbagai media dan
teknik. |
4.2
Membuat karya seni rupa tiga dimensi
dengan melihat model |
||
3.3
Memahami konsep dan prosedur pameran
karya seni rupa |
·
Konsep dan prosedur pameran karya seni rupa ·
Pelaksanaan pameran hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi yang
dibuat berdasarkan melihat model |
·
Mengamati
dan mengklasifikasi konsep dan prosedur pameran karya seni rupa ·
Mempresentasikan
hasil pengamatan terhadap konsep dan prosedur pameran karya seni rupa ·
Merencanakan
dan melaksanakan pameran karya sendiri di dalam kelas ·
Mempresentasikan
laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pameran secara tulis dan lisan. |
4.3
Menyelenggarakan pameran hasil karya
seni rupa dua dan tiga dimensi yang dibuat berdasarkan melihat model |
||
3.4
Memahami konsep, prosedur, dan fungsi
kritik dalam karya seni rupa |
·
Konsep, prosedur dan fungsi
kritik dalam karya seni rupa ·
Pembuatan deskripsi karya seni rupa berdasarkan pengamatan dalam bentuk
lisan atau tulisan |
·
Mengamati
konsep, prosedur dan fungsi kritik dalam karya seni rupa ·
Mempresentasikan
hasil pengamatan terhadap konsep, prosedur dan fungsi kritik dalam karya seni
rupa ·
Mendeskripsi
karya seni rupa secara lisan maupun tertulis. ·
Mempresentasikan
hasil deskripsi karya seni rupa secara tertulis dan lisan |
4.4
Membuat deskripsi karya seni rupa
berdasarkan pengamatan dalam bentuk lisan atau tulisan |
Mengetahui, Kepala Sekolah (…………………………) NIP. ………………………… |
|
…., ……………. 2022 Guru Mata
Pelajaran (NUR YANTO,S.Pd) NIP. …………………… |
Komentar
Posting Komentar