SOAL PILIHAN GANDA PKWU
1. Berdasarkan ciri-ciri berikut:
1) Satuan produk
2) Harga faktur
3) Biaya pemesanan
4) Biaya bahan baku
5) Jam tenaga kerja
6) Biaya angkut
Dari pernyataan di atas, nomor berapa sajakah yang termasuk dalam biaya bahan baku..
A. 1, 2, & 3
B. 4, 5, & 6
C. 2, 3, & 6
D. 3, 4, & 5
E. 2, 3, & 4
2. Misalnya satu kali proses produksi menghasilkan 12 buah produk dengan total biaya produksi Rp. 54.000,00 maka Harga Pokok Produksi (HPP) / unit adalah …
A. Rp. 3.500,00
B. Rp. 4.500,00
C. Rp. 5.400,00
D. Rp. 5.500,00
E. Rp. 6.500,00
3. Pak Tejo membeli suatu alat produksi ikan konsumsi dengan harga Rp. 500.000,00. Apabila Pak Tejo akan menjual alat produksi ikan konsumsi kembali dengan menginginkan untung 20%, maka alat produksi ikan konsumsi itu harus dijual dengan harga Rp ...
A. 625.000
B. 600.000
C. 575.000
D. 550.000
E. 500.000
4. . Disajikan beberapa komponen biaya usaha budidaya pembenihan ikan hias,
1) Biaya penyusutan
2) Biaya gaji dan upah
3) Biaya pemakaian bahan baku: benih ikan
4) Biaya produksi: pakan, obat-obatan
5) Harga Pokok Penjualan
6) Biaya alat-alat usaha pembenihan
7) Biaya sewa lahan
Dari data berikut manakah yang termasuk di dalam komponen biaya tetap dalam budidaya pembenihan ikan hias …..
A. 1), 2), 3), dan 4)
B. 1), 2), 3), dan 5)
C. 1), 2), 4), dan 6)
D. 1), 2), 6) dan 7)
E. 1), 3), 4), dan 5)
5. Suatu perusahaan Usaha Budidaya Ikan Hias bekerja dengan biaya tetap sebesar Rp 300.000,00. biaya variable per unit Rp 40,00 . Harga jual per unit Rp 100,00. Kapasitas produksi maksimal 10.000 unit. BEP usaha ini dihitung dengan menggunakan metode trial and error dengan cara menghitung keuntungan saat volume produksi 6000 unit.
Keuntungan yang didapat dari volume produksi 6000 unit adalah ....
A. Rp 60.000
B. Rp 65.000
C. Rp 70.000
D. Rp 75.000
E. Rp 80.000
6. UD. Ikan Segar membudidayakan ikan hias Maskoki sebagai berikut :
Biaya tetap Rp. 40.500.000,-
Biaya variable Rp. 8.000,-
Harga jual Rp. 10.000,-
Kapasitas produksi maksimal 2000 plastik kantong. Berapa hasil penjualan dalam rupiah (BEP(R))-nya ?
A. 203.500.000
B. 203.525.000
C. 204.500.000
D. 205.000.500
E. 202.500.000
7. Pada sebuah usaha ikan Mas Koki, diketahui biaya tetap yang harus dikeluarkan setiap bulan adalah Rp.250.000. Biaya variabel sebesar Rp.3.000/unit. Harga Jual Rp.6.000/ikan. Berapakah Titik impas atau BEP dalam Rupiah nya … .
A. Rp. 500.000,-
B. RP. 550.000,-
C. Rp. 600.000,-
D. RP. 625.000,-
E. Rp. 650.000,-
8. Pada sebuah usaha yang memproduksi ikan Cupang ingin mengetahui jumlah unit yang harus diproduksinya agar dapat mencapai break even point (BEP) atau titik impasnya. Biaya Tetap Produksinya adalah sebesar Rp. 10.000.000,- sedangkan biaya variabelnya adalah sebesar Rp. 1 juta. Harga jual per unitnya adalah sebesar Rp. 1,5 juta. Berapakah unit yang harus diproduksi agar dapat mencapai Break Even Point unit atau titik impasnya …. .
A. 10 unit
B. 15 unit
C. 20 unit
D. 25 unit
E. 30 unit
9. Pak Harun merupakan penjual budiqaya tanaman pangan, pada masa pandemi seperti saat ini omset penjualan budiqaya tanaman pangan menurun drastis, dikarenakan selama ini penjualannya hanya mengandalkan pembelian langsung di toko. Strategi pemasaran yang paling tepat dilakukan oleh Pa Harun adalah …. .
A. Pemasangan iklan di depan toko
B. Membuat seminar off line pengenalan produk
C. Memberikan potongan harga untuk produk budiqaya tanaman pangan
D. Membuat toko online dan promosi media sosial
E. Menjadi sponsor pada event besar seperti konser musik
10. Praktik penjualan dengan sistem titipan ini masih umum terjadi di masyarakat kita, dan merupakan salah satu skema bisnis yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan beli-putus. Dengan demikian maka pihak pertama mengadakan perjanjian kepada pihak kedua, sebagaiman produk tersebur dititipkan kepda pihak keduan dengaan oerjanjian antara kedua belah yang telah disepakti bersama.
Suatu bentuk perjanjian dimana salah satu pihak yng memiliki barang menyerahan sejumlah barang kepada pihak lain untuk dijualkan dengan memberikan komisi
tertentu adalah
a. Konsinyasi
b. Lease Purchase
c. Komisi
d. Sales Contract
e. Salesman
11. Berikut yang termasuk media promosi budidaya unggas pedaging yang berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar lokal dalam menjangkau konsumen
1. Pamflet
2. Brosur
3. Evaluasi
4. Internet
5. Discount
Berdasarkan data tersebut berbagai hal yang berhubungan dengan media promosi yang efektif dan efisien ditunjukkan ….
A. 1), 2), 3), dan 4)
B. 1), 2), 3), dan 5)
C. 1), 2), 4), dan 5)
D. 1 ), 3), 4), dan 6)
E. 2), 3), 4), dan 6)
12. STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiensi tertentu.
Berikut ini bukan merupakan tujuan dari dilakukannya positioning , yaitu untuk...
A. Menempatkan atau memposisikan produk di pasar sehingga produk tersebut terpisah atau berbeda dengan merek-merek yang bersaing
B. Memposisikan produk sehingga dapat menyampaikan beberapa hal pokok kepada para pelanggan, yaitu what you stand for, what you are dan how would you like customers to evaluate you
C. Memperbanyak jumlah produk yang dijual di pasar
D. Mencapai pertumbuhan dengan jalan menawarkan bermacam-macam produk kepada segmen-segmen pasar yang berbeda
E. Menghindari ancaman persaingan terhadap merek unggul
Komentar
Posting Komentar