MATERI PEMASARAN PRODUK KELAS X GANJIL

 Materi tentang pemasaran Produk Kewirausahaan

Strategi pemasaran atau strategi marketing, adalah rencana suatu perusahaan untuk bisa memperkenalkan brand seluas mungkin guna mencapai target pelanggan dan penjualan

Berikut ini adalah beberapa komponen penting dari strategi marketing:

  • Segmentasi pasar: Proses membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik demografis, geografis, perilaku, atau psikografis. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara lebih spesifik.
  • Penentuan target pasar: Memilih segmen pasar yang akan menjadi fokus utama perusahaan dan mengarahkan upaya pemasaran pada segmen tersebut. Target pasar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan perusahaan dan memiliki potensi untuk menghasilkan penjualan dan keuntungan yang tinggi.
  • Posisi brand: Menentukan bagaimana perusahaan ingin pelanggan memandang produk atau jasanya dalam perbandingan dengan pesaing. Posisi brand yang kuat dan unik membantu membedakan perusahaan dari pesaing dan menciptakan keunggulan kompetitif.
  • Bauran pemasaran (marketing mix): Kombinasi dari empat elemen pemasaran utama, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Perusahaan harus memutuskan jenis produk atau jasa yang akan ditawarkan, harga yang akan dikenakan, cara mempromosikannya, dan cara mendistribusikannya kepada pelanggan.
  • Evaluasi dan pengukuran: Proses memantau dan mengevaluasi keberhasilan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Melalui pengukuran kinerja pemasaran, perusahaan dapat menentukan apakah strategi yang dijalankan efektif atau perlu disesuaikan.

 

Bauran pemasaran merupakan strategi dan metode marketing yang dipercaya akan terus mengikuti perkembangan zaman. Memahami konsep pemasaran satu ini akan memberikan keuntungan dalam penjualan. Saat ini, strategi bauran pemasaran memang tidak berhenti pada 4P.

Seperti dalam artian dan definisi, perkembangan membawa strategi bauran pemasaran hingga 7P.


1. Product, ialah barang atau jasa yang dijual yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen. Produk yang ditawarkan harus memperhatikan duaunsur, yaitu kualitas dan visual.


2. Price, ialah sejumlah harga yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah, serta sesuai dengan kualitas produk.


3. Place, ialah tempat atau lokasi proses jual beli. Harus memperhatikan lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar. Selain itu pilihlah tempat yang memang memerlukan produk yang sedang dijual.


4. Promotion, kegiatan bisnis dengan tujuan agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis. Sesuaikan pemasaran dengan target pasar serta memperhatikan


5. Physical evidence, penampilan fisik baik bangunan, logo, interior, produk dan lain sebagainya akan memengaruhi mood konsumen sehingga harus dibuat semenarik mungkin.


6. People, yaitu semua SDM yang terlibat dalam bisnis.


7. Process, yaitu langkah-langkah yang dilakukan antara penjual dan konsumen berupa pelayanan serta proses transaksi. Layanan yang baik adalah kunci agar konsumen tetap bertahan. Bisa juga di tambahkan kesan unik dan menarik agar
konsumen lebih tertarik.

 

 

A.    Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda
silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e.
1. Strategi pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran dan dikenal dengan 4P. Salah satu dari strategi pemasaran ini lebih kepada meningkatkan keunggulan pada….

a. people
b. power
c. product
d. produksi
e. plan


2. Pada tahun 2005 penjualan mie instant Sedaap lebih unggul dari Indomie (sumber media indonesia 12 maret 2006) menghadapi situasi tersebut PT.Indofood berusaha merebut kembali konsumenya dengan mengupayakan berbagai strategi
bauran pemasaran, strategi yang harus diterapkan adalah....
a. strategi bauran pemasaran produk dengan different kwalitas
b. strategi bauran pemasaran produk dengan merubah kemasan dan kwalitas
c. strategi bauran pemasaran produk dengan harga dan kwalitas
d. strategi bauran pemasaran produk dengan memilih saluran distribusi
e. strategi bauran pemasaran produk dengan melakukan promosi


3. Tuan Dani baru mulai merintis usaha bisnis kuliner keumamah siap saji dengan berbagai varian produk untuk mengelola usaha tersebut tuan dani harus membuat

perencanaan strategi bauran pemasaran , agar bisnis tersebut terus maju danberkembang maka perencanaan bauran pemasaran yang harus dilakukan adalah
a. Perencanaan harga dan produk yang lebih murah dari pesaing
b. perencanaan produk,price,place,dan promotio
c. perencanaan promosi dan iklan
d. perencanaan strategi harga yang bervarias
e. perencanaan strategi harga,iklan dan diskon
4. Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …
a. market oriented
b. segemnatasi pasar
c. target pasar
d. positioning pasar
e. strategi pasar
5. Upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan
menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan
menjadi lebih tinggi disebut... .
a. Strategi bisnis
b. Strategi pemasaran
c. Strategi produk
d. Strategi promosi
e. Strategi diskon
6. Yang bukan termasuk fungsi dari strategi pemasaran adalah… .
a. Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan
b. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran
c. Merumuskan tujuan perusahaan jangka pendek maupun jangka panjang
d. Pengawasan kegiatan pemasaran lebih mudah dipantau
e. Meningkatkan fluktuasi modal perusahaan
7. Kegiatan mengenalkan produk, menawarkan, menyebarluaskan dan juga
membentuk konsumen agar membeli suatu produk dinamakan....
a. Promosi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Evaluasi
e. Pemasaran
8. Dalam memasarkan produknya, Nike membuka gerai di sejumlah pusat
perbelanjaan. Tidak hanya itu, Nike juga menjual produknya secara online
melalui situs dan melakukan promosi melalui media sosial yang banyak
digunakan pelanggannya. Hal ini termasuk bauran pemasaran….
a. Product
b. Price
c. Place
d. People
e. Promosi

9. Konsep yang pertama kali dikenalkan oleh Neil Borden, seorang profesor
pemasaran Harvard, pada tahun 1964 adalah….
a. 7P
b. 4P
c. 5P
d. 3P
e. 8P
10. Dengan elemen yang kompleks, tentu saja bauran pemasaran memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis. Yang tidak termasuk manfaat dari bauran pemasaran antara lain…
a. Mencari pelanggan
b. Alokasi sumber daya yang bijaksana
c. Alokasi tanggungjawab
d. Menfasilitasi proses komunikasi
e. Analisa keuangan.

B. Uraian
1. Jelaskan pengertian Bauran pemasaran dengan bahasa kalian sendiri?
2. Identifikasikan komponen bauran pemasaran?
3. Menciptakan kepuasan pelanggan dapat di lakukan dengan berbagai cara.
Salah satunya adalah menjual produk yang berkualitas kepada pelanggan.
Bagaimana membuat produk yang memiliki kualitas unggul sehingga dapat
memuaskan pelanggan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi dan Soal latihan ASAT. Genap Kelas XI

MATERI STRATEGI PROMOSI KELAS XI GENAP

MATERI BEP PKWU